Sikap dan Partisipasi dalam Konsumsi Kolaboratif

By: Lim Sanny

Sikap dan partisipasi/intensi mengacu pada Theory of Planned Behavior (TPB) yang dikemukakan oleh Icek Ajzen. Sikap (attitude) merupakan jumlah usaha yang dikeluarkan untuk mencapai suatu tujuan (Ajzen, 1991). Sedangkan behavioral intention mengacu pada faktor motivasi yang mempengaruhi perilaku tertentu. Di mana semakin kuat niat untuk melakukan perilaku, semakin besar pula kemungkinan perilaku tersebut akan dilakukan (Ajzen, 1991). Schiel (2015: 47) dalam studinya, menyatakan bahwa sikap terhadap konsumsi kolaboratif yang diwakili oleh indikator perceived attractiveness dan sympathy berpengaruh positif terhadap partisipasi dalam konsumsi kolaboratif yang memiliki indikator past sharing intensity dan future participation intention. Senada dengan Phipps et al. (2013) yang mengungkapkan bahwa motivasi para partisipan konsumsi kolaboratif mempengaruhi sikap dan intensi berpartisipasi dalam aktivitas sharing. Terlebih, manfaat berpartisipasi dalam konsumsi kolaboratif diantaranya dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan teman baru serta mengembangkan jaringan (Tussyadiah, 2015).