Peran Penting Public Relations di Era Pasar Bebas

By: Gerry Saputra

Pada era pasar bebas seperti sekarang ini, persaingan bukan lagi hanya dari dalam negeri sendiri, namun tingkat persaingannya pun meningkat karena kita mulai mendapatkan persaingan dari ekspatriat. Dalam keadaan demikian, perusahaan-perusahaan tidak dapat lagi melakukan monopoli terhadap pasar. Perusahaan dan barang dari suatu negara secara bebas masuk ke negara lain. Barang produksi dari berbagai negara akan dengan sangat mudah masuk ke Indonesia, begitu juga barang yang diproduksi di Indonesia akan mudah masuk ke negara lain.

Cara untuk mendapatkan konsumen pun haruslah terus berkembang dan berinovasi agar tidak kalah dari pesaing-pesaing baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri (ekspatriat).

Konsumen akan mencoba atau membeli produk kita jika mereka mengetahui bagaimana secara keseluruhan seperti apa produk kita, apa manfaatnya, apa kelebihan dan kekurangannya, apakah ada dampak negatifnya ataupun ada efek sampingnya, apakah keunikannya, dan lain-lain. Maka dari itu peran dari marketing di suatu perusahaan di tuntut untuk dapat men-deliver apa yang ingin perusahaan berikan kepada konsumen.

Suksesnya suatu perusahaan tidak terlepas dari kinerja seorang Public Relations yang selalu diberi kepercayaan untuk menjadi perantara antara perusahaan dengan masyarakat, hal tersebut yang membuat posisinya menjadi sangat penting dalam suatu perusahaan. Di negara-negara berkembang khususnya seperti kita di Indonesia, hubungan dengan masyarakat sering dianggap sebagai salah satu faktor penting sehingga public relations menempatkan dirinya sebagai wakil dari perusahaan dalam hubungannya dengan masyarakat. Seperti yang di ungkapkan Cutlip dan Center yang dikutip oleh Ruslan (1997 : 6), mendefinisikan: “Public relations adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengindentifikasikan kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian, pemahaman dan dukungan dari publiknya”.

Seorang Public Relations harus dapat memberikan informasi terkait dengan produk-produk ataupun program-program yang akan di jalankan suatu perusahaan yang baik dan benar. Seperti bagaimana kelebihan produk-produk tersebut, manfaatnya bagi konsumen, dan lain-lain, dan juga memberikan informasi akan program-program yang akan di jalankan oleh perusahaan seperti Opening Store baru, Launching Produk baru, Program CSR ( Corporate Social Responsibility ) seperti berdonasi buku, berbuka puasa bersama, pembagian mainan ke anak-anak yatim piatu.

Peran penting juga di berikan terhadap public relations agar tidak terjadi persepsi yang salah dari konsumen, dan juga mempertahankan nama baik perusahaan atau membuat image perusahaan menjadi lebih baik lagi. Menjalin hubungan yang baik dengan para rekan media juga merupakan salah satu cara agar tidak terjadi kesalahpahaman atas informasi yang akan di berikan perusahaan kepada masyarakat. Jika hubungan antara perusahaan dengan media terjalin dengan baik, maka secara otomatis akan lebih mudah untuk suatu perusahaan untuk mempublikasikan sesuatu seperti mengadakan Press Conference dan yang lain-lain.