“Pentingnya Supply Chain Bagi Perusahaan Retail Nasional”

By: Vania Rahardja

 

Di era globalisasi dengan persaingan bisnis yang sangat ketat saat ini, tiap perusahaan dituntut untuk menyusun suatu strategi bisnis agar bisa bersaing dengan perusahaan lainnya. Perusahaan harus mulai mengembangkan proses produksi barang atau jasa secara efektif dan efisien untuk disalurkan kepada konsumen. Bagi kebanyakan perusahaan, umumnya mereka sering menggunakan Supply Chain Management untuk menyampaikan produk yang mereka jual agar bisa sampai ke tangan konsumen.

Supply Chain bertujuan untuk penyampaian barang hingga sampai pada konsumen akhir. Dalam rantai ini ada beberapa organisasi yang bekerja dalam lingkup yang berbeda namun akan menghasilkan nilai tambah dari produk yang akan dijual tersebut secara efektif dan efisien. Supply Chain juga dianggap sebagai Logistic Network yang mampu menghubungkan antara manufacturer, suppliers, retail outlets, distribution dan customers. Dalam konsep ini, perusahaan yang produknya didapat melalui sistem impor akan sangat megutamakan adanya Management Logistics yang memiliki pandangan lebih luas.

Supply Chain Management ini merupakan suatu koordinasi antara Planning, Sourcing dan Procurement dalam perusahaan dan didukung oleh beberapa organisasi yang tergabung dalam mata rantai tersebut. Dalam manajemen ini semua arus harus dikoordinasikan dengan baik. Sistem yang dipakai pun harus terintegrasi dalam perusahaan agar setiap tahapan dalam proses pemasukan barang dan rantai Supply Chain dapat termonitor dengan baik. Supply Chain memiliki tujuan untuk memaksimalkan nilai dari produk yang telah ada dari proses perencanaan jenis produk yang akan dijual, pembelian barang (produksi barang impor) oleh vendor perusahaan, proses loading barang, mulai dari masuk kapal hingga barang sampai dan dapat didistribusian

barang ke tempat tujuan (store), yang pada akhirnya dapat digunakan oleh konsumen akhir sebagai pembeli.