By: Selly Novela

 

Teh merupakan salah satu minuman yang banyak diminum oleh didunia, dengan 2 miliar manusia meminum secangkir teh dalam sehari, data statistik tersebut membuat teh menjadi minuman paling banyak di minum setelah air mineral. Di Inggris Raya, teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi dengan angka 60.2 milyar setahun atau 165 juta cangkir teh dikonsumsi dalam sehari, jumlah ini melebihi jumlah peminum kopi di Inggris Raya yang hanya 70 juta dalam sehari, sebelum teh dapat dibeli secara luas, teh merupakan minuman yang hanya diminum oleh kalangan kelas atas, meminum teh sendiri lalu menjadi tradisi yang wajib, bahkan mereka memilki jam khusus atau tea time.

Di Indonesia sendiri teh merupakan komoditas yang cukup ekspor yang besar di Indonesia, Indonesia juga merupakan negara ke-7 penghasil the terbesar di dunia, walaupun hanya nomor 10 di dunia sebagai pengekspor. Teh membutuhkan daerah dengan temperatur dan kelembapan yang konstan untuk pertumbuhan tanaman teh, dengan begitu daerah yang cocok untuk penanaman teh adalah di daerah pegunungan atau daratan tinggi, oleh karena itu daerah Sumatera dan Jawa menjadi salah satu daerah yang pas untuk melakukan penanaman, melalui penelitian teh yang berasal dari Sumatera memiliki rasa yang kurang kuat (weak) sehingga kurang bagus untuk di ekspor, oleh karena itu, Teh di bagian Jawa manjadi pilihan yang bagus.

Sari Wangi adalah salah satu brand Indonesia yang dipegang oleh Unilever yang menjadi pelopor bisnis teh, Sari Wangi juga merupakan salah satu minuman teh yang sudah sangat populer di Indonesia, hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor yang dapat membantu Sari Wangi untuk memasuki pasar internasional, terutama Inggris raya.

Kelebihan dari Sari Wangi adalah bahwa Sari Wangi menggunakan produk yang berasal dari Indonesia, dengan varian; teh melati dan teh hijau, selain itu Sari Wangi melopori teh celup bundar pertama di Indonesia. Di sisi lainnya sari wangi memiliki sangat sedikit inovasi juga banyaknya pesaing yang lebih maju dibanding dengan Sari Wangi seperti Twinning. Banyak orang Inggris menyukai produk yang premium , oleh karena itu Sari Wangi bisa membuat produk khusus buat pasar menengah keatas.

Sari Wangi memiliki potensi yang besar untuk masuk ke negara lain terutama mereka yang menyukai teh dari Indonesia yang memiliki rasa yang cukup kuat. Selain itu Sari Wangi juga harus siap bersaing dengan perusahaan lain yang telah terkenal, atau bahkan telah memasuki pasar sejak lama, oleh karena itu inovasi  dan good business plan merupakan hal yang sangat penting.

resources:

http://www.britainexpress.com/History/tea-in-britain.htm

https://www.tea.co.uk/tea-faqs

https://www.unilever.co.id/brands/our-brands/sariwangi.html