Creating Shared Value (CSV)

Oleh : Dony Saputra

CSV atau creating shared value merupakan suatu kebijakan dan proses teknis operasional yang meningkatkan nilai-nilai kompetitif perusahaan dan secara bersamaan memajukan kondisi sosial dan ekonomi (Porter and Kramer, 2011). Porter dan Kramer berpendapat bahwa semua keuntungan yang diperoleh tidaklah sama. Keuntungan yang melibatkan nilai bersama (shared value) memungkinkan masyarakat untuk maju dan perusahaan akan tumbuh pesat. Mereka memprediksi bahwa menggabungkan isu-isu sosial ke dalam strategi dan operasi adalah transfor masi utama berikutnya dalam pemikiran manajemen.

Dari pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa CSV adalah sebuah konsep pendekatan masyarakat dimana setiap perusahaan harus membentuk suatu nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersama-sama. Peran bisnis di masyarakat telah berkembang pesat dengan pendekatan yang berbeda dan memiliki tujuan yang berbeda. Pendekatan philantrophy adalah dengan melakukan sumbangan yang layak untuk tujuan social serta volunteering. Jika CSR (Corporate Social Responsibility) adalah dengan menciptakan atau membangun citra perusahaan yang maka CSV (Creating Shared Value) mengintegrasikan isu dan tantangan masyarakat ke dalam penciptaan nilai ekonomi dan social (Porter, Creating Shared Value as Business Strategy, 2013).

Porter(2013) mengemukakan bahwa Creating Shared Value membuka kebutuhan baru, pasar baru, konfigurasi rantai nilai baru, dan cara berpikir baru tentang bisnis, Menciptakan peluang baru untuk posisi strategis dan keunggulan kompetitif baru dalam hal ini Perusahaan harus memasukkan dimensi sosial dalam proposisi nilai mereka , Menambahkan dimensi sosial membuat strategi menjadi lebih berkelanjutan vs kompetitor daripada biaya konvensional dan keunggulan kualitas.

 

Berikut Perbedaan dari CSV dengan CSR

Sumber: Porter (2013)

Referensi: Porter M (2013), Creating Shared Value as Business Strategy, Harvard Business Review