BRAND ACTIVATION

Nathanael Julian 1901481825

Perusahaan saat ini menggunakan pelayanannya sebagai pembeda untuk tetap menjaga hubungannya dengan konsumen. Hal tersebut tentu memaksa perusahaan untuk menemukan cara, langkah-langkah, dan strategi untuk memasarkan produknya namun tetap fokus terhadap hubungannya dengan konsumen. salah satu bentuk strategi tersebut adalah mempergunakan trend baru dengan mengaktivasi brand sebuah perusahaan, yang disebut dengan brand activation.

Definisi brand activation adalah sebuah interaksi pemasaran antara konsumen dan brand di mana konsumen dapat memahami brand dengan lebih baik sehingga pada akhirnya dapat membuat konsumen menerima sebuah brand sebagai bagian kehidupan dari konsumen tersebut.

Pendapat lainnya dikemukakan oleh Siregar, Denny 2011.selaku Ketua Pengembangan Brand Activation PPPI Pusat/ Business Strategy Director RAPP,dimana brand activation merupakan suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk menarik hati konsumen dengan berbagai saluran komunikasi yang terintegrasi, seperti TV, radio, cetak, internet, event, SMS, social media,dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan untuk mengubah perilaku konsumen dalam mempertahankan loyalitas konsumen terhadap suatu brand dan membantu produk tersebut dalam memperluas pasar. Brand activation mengandung pesan komunikasi untuk take to action ataupun pesan komunikasi yang bersifat call to action message. Dari pendapat-pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa brand activation merupakan suatu kegiatan komunikasi atau interaksi marketing yang terintegrasi (IMC) antara brand dan konsumennya yang dibalut dengan konsep kreatif yang bertujuan agar brand dapat selalu dekat dengan konsumennya.

Disamping itu, menurut Pudjiastuti (2010), brand activation efektif dalam mempengaruhi masyarakat sebagai sasarannya dalam beberapa aspek, yaitu: (1) aspek kognitif, dimana brand activation dapat mempengaruhi awareness dan pengetahuan masyarakat terhadap perusahaan, brand, atau produk yang ditawarkan; (2) aspek afektif, dimana brand activation dapat digunakan untuk mengatasi kesalahpahaman dan prasangka serta membantu mengkomunikasikan pesan dari brand terhadap konsumen; dan (3) aspek konatif, dimana brand activation dapat mempertahankan penerimaan masyarakat akan produk, brand, atau perusahaan, atau dengan kata lain dapat mempertahankan loyalitas konsumen.

Sama halnya dengan di perusahan Kompas TV yang bergerak di bidang media. Dengan adanya Brand Activation ini sendiri dapat membawa media Kompas TV ini dapat di kenal dan di ingat di kehidupan masyarakat luas karna interaaksinya dengan masyarakat dengan menjalankan event event yang langsung berhubungan dengan masyarakat luas.

1901481825 Nathanal Julian internship at KOMPAS TV