Transformasi Digital Dalam Dunia Kerja

Transformasi digital adalah proses penggunaan teknologi digital untuk mengubah proses dan layanan bisnis konvensional atau non-digital yang sudah ada menjadi digitalisasi dan praktis. Hal ini sangat penting bagi semua bisnis, dari bisnis kecil hingga perusahaan besar, untuk tetap kompetitif, relevan serta efisien di dunia yang semakin terdisrupsi oleh kemajuan digital.

Pada artikel ini, kami akan memberikan gambaran umum mengenai perkembangan transformasi digital di dunia kerja.

Kondisi Transformasi Digital Saat Ini

Transformasi digital adalah penataan ulang, atau investasi baru dalam teknologi dan model bisnis untuk melibatkan pelanggan digital secara lebih efektif.Hal ini melibatkan penataan ulang sebuah organisasi, dengan tujuan menciptakan nilai dengan terus menerapkan teknologi dalam skala besar. Strategi pertumbuhan untuk perusahaan digital, serta aset dan kemampuan yang diperlukan untuk berhasil bertransformasi secara digital, telah diidentifikasi dan digambarkan.

Mendefinisikan Transformasi Digital

Transformasi digital adalah proses holistik untuk mengubah produk dan budaya, yang lebih dari sekadar berpindah ke cloud. Hal ini melibatkan pemikiran ulang tentang model operasi lama, bereksperimen lebih banyak, dan menjadi lebih lincah dalam kemampuan Anda untuk merespons pelanggan dan saingan.Hal ini lebih baik dianggap sebagai adaptasi berkelanjutan terhadap lingkungan yang terus berubah.

Contoh Transformasi Digital

Transformasi digital terjadi di semua industri dan fungsi pekerjaan.

Beberapa contoh transformasi digital di dunia nyata berdasarkan fungsi pekerjaan meliputi:

Dalam bidang Penjualan :
Sophos meningkatkan tingkat kemenangan, merampingkan hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan data pelanggan dengan mengimplementasikan Salesforce.

Dalam bidang Pemasaran :
Coca-Cola menggunakan AI (Artificial Intellegence) untuk membuat konten yang dipersonalisasi bagi para pelanggannya

Dalam Bidang Sumber Daya Manusia :
IBM menggunakan AI (Artificial Intellegence) untuk meningkatkan keterlibatan dan retensi karyawan

Dalam bidang Keuangan:
JP Morgan Chase menggunakan blockchain untuk mengurangi waktu dan biaya pembayaran lintas batas.

Kesimpulan

Transformasi digital adalah proses berkelanjutan dalam menggunakan teknologi digital untuk mengubah proses dan layanan bisnis tradisional dan non-digital yang sudah ada. Sangat penting bagi semua bisnis untuk tetap kompetitif dan relevan di dunia yang semakin digital. Transformasi digital melibatkan pemikiran ulang tentang model operasi lama, bereksperimen lebih banyak, dan menjadi lebih gesit dalam kemampuan Anda untuk merespons pelanggan dan pesaing. Hal ini terjadi di semua industri dan fungsi pekerjaan, dan bisnis perlu beradaptasi agar tetap kompetitif.

 

Sumber :
https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/21582440211047576

https://www.mckinsey.com/featured-insights/mckinsey-explainers/what-is-digital-transformation

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0148296319305478

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0740624X18304131

https://enterprisersproject.com/what-is-digital-transformation

https://whatfix.com/digital-transformation/
Vekky Kansil