How to Document and Delegate What You Do So Your Company Can Grow Beyond You

How to Document and Delegate What You Do So Your Company Can Grow Beyond You

Ketika Anda adalah satu-satunya orang yang tahu bagaimana menjalankan bisnis Anda, cukup sulit untuk mendapatkan orang baru untuk membantu Anda mengembangkan bisnis. Ini cukup membuat stres karena jika terjadi sesuatu pada Anda, bisnis Anda akan macet. Solusinya adalah membangun “Business Playbook” yang mendokumentasikan segala sesuatu yang membuat bisnis Anda berjalan lancer sesuai rencana.

Jangan menyimpan semuanya hanya di kepala Anda. Buatlah buku pedoman bisnis sehingga Anda dapat berhasil bergabung dan membuat orang baru mulai bekerja dengan cepat. Kembangkan pedoman agar orang lain dapat membantu mengoptimalkan apa yang Anda lakukan. Empat elemen besar yang perlu dicakup dan didokumentasikan dalam buku pedoman Anda adalah:

Why you need a Playbook — and how to get started.

Panduan Bisnis menyusun pengalaman, pengetahuan, dan struktur bisnis Anda, serta resep rahasianya. Buku tersebut memuat semua informasi penting ini dari kepala founder bisnis, sehingga orang lain dapat dilibatkan dalam membantu mengembangkan bisnis di masa depan.

Section 1 — Profile — What makes your business unique?
Bagian profil adalah tempat Anda menjelaskan tentang bisnis Anda, dalam hal visi, merek, budaya, nilai, dan sejarah. Penekanannya di sini adalah untuk dapat mengartikulasikan siapa yang Anda layani, bagaimana Anda melayani mereka, dan apa yang membedakan bisnis Anda dari yang lain.

Section 2 — People — Making a map for who does what.
Bagian People, merinci siapa yang bekerja dalam bisnis, dan siapa melakukan apa. Anda memberikan latar belakang tim Anda, dan menyatukan semuanya di satu tempat.

Section 3 — Policies — Writing the rules of play.
Kebijakan adalah aturan dan standar operasi Anda. Ini mencakup semuanya, mulai dari kode pakaian, jam kantor, dan waktu liburan hingga kepatuhan hukum terhadap peraturan setempat, dan informasi anti-pelecehan dan keamanan pribadi yang diperlukan.

Section 4 — Processes — How things get done.
Proses menggambarkan bagaimana hal apa yang dilakukan sehari-hari. Anda merinci langkah demi langkah, urutan awal hingga akhir untuk menyelesaikan suatu tugas. Mendokumentasikan proses bermanfaat karena melakukan ini dapat menghasilkan peningkatan produktivitas dan keuntungan yang lebih besar.

Your Playbook in action.
Setelah Anda menyusun pedoman Anda, nilai sebenarnya muncul saat Anda melibatkan orang lain dalam menjalankan bagian tertentu dari pedoman tersebut. Kuncinya adalah tumbuh dengan menyerahkan tanggung jawab, sehingga Anda dapat menghadapi tantangan baru.

Pedoman adalah kendaraan Anda untuk mendorong pertumbuhan.

Wanda Irawan