How Great Leaders Communicate

Komunikasi yang efektif sangat penting bagi para pemimpin untuk menyampaikan ide dan visi mereka secara efektif kepada tim mereka. Pemimpin puncak, seperti Jeff Bezos, memprioritaskan keterampilan komunikasi dan terus berusaha untuk meningkatkannya. Misalnya, Bezos melarang PowerPoint dan mengganti slide dengan memo naratif.

Para pemimpin lainnya, seperti mantan CEO PepsiCo Indra Nooyi, juga menyadari pentingnya berinvestasi dalam keterampilan komunikasi, karena mereka memahami bahwa kemampuan untuk menyederhanakan dan mengomunikasikan pesan secara meyakinkan sangat penting untuk mendapatkan dukungan dari orang lain. Para pemimpin puncak ini sering menggunakan taktik umum saat berkomunikasi dengan tim mereka.

 

Berikut 4 langkah bagaimana Pemimpin yang baik berkomunikasi

 

Use short words to talk about hard things.

Menyederhanakan bahasa dapat membuat ide-ide tertulis lebih mudah dipahami dan meningkatkan kemungkinan persuasi. Pembicara dan penulis persuasif harus bertujuan untuk mengurangi ketegangan kognitif dengan menggunakan bahasa yang sederhana. Alat perangkat lunak seperti Grammarly dapat digunakan untuk menilai keterbacaan tulisan dan menetapkan tingkat nilai untuk itu.

Menulis dapat ditingkatkan dengan latihan, seperti yang ditunjukkan oleh Jeff Bezos, yang dari waktu ke waktu meningkatkan tulisannya ke tingkat yang lebih sederhana, membuatnya lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas.

 

Choose sticky metaphors to reinforce key concepts.

Metafora adalah alat ampuh yang membandingkan ide-ide abstrak dengan konsep-konsep umum dan dapat membuat informasi kompleks menjadi lebih mudah dipahami. Dalam bisnis, menggunakan metafora dapat berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengkomunikasikan informasi kompleks dengan cara yang menarik dan mudah diingat.

Warren Buffett adalah contoh pengusaha yang memahami kekuatan metafora, menggunakan frasa seperti “moats and castles” untuk menggambarkan perusahaan yang mendominasi industri. Menggunakan metafora novel saat memperkenalkan ide baru atau abstrak dapat membantu audiens memahaminya.

 

Humanize data to create value.

Membuat data menarik dan persuasif dapat dicapai dengan mengurangi beban kognitif dan memanusiakan angka dengan menempatkannya dalam perspektif. Dengan demikian, data menjadi lebih menarik dan mudah diingat. Misalnya, membandingkan jumlah data yang diproduksi setiap tahun dengan jumlah DVD yang diperlukan untuk menyimpannya, atau mengaitkan biaya proyek dengan biaya yang biasa, dapat membantu audiens memahami dan memahami informasi tersebut.

Ahli astrofisika terkenal Neil deGrasse Tyson percaya bahwa rahasia komunikasi sains adalah menyematkan konsep di bidang yang sudah dikenal, mengubah data menjadi bahasa yang dapat dipahami orang.

Dia menggunakan pendekatan ini untuk menjelaskan informasi kompleks dengan menghubungkannya dengan sesuatu yang akrab, membuatnya lebih dapat diterima dan meyakinkan.

 

Make mission your mantra to align teams.

Earl Bakken, pendiri Medtronic, terinspirasi untuk menciptakan inovasi di bidang alat kesehatan setelah pemadaman listrik pada tahun 1957. Dia membangun alat pacu jantung bertenaga baterai pertama dan misinya adalah untuk “mengurangi rasa sakit, memulihkan kesehatan, dan memperpanjang umur. ” Bakken adalah “pemimpin pengulang”, yang terus-menerus menjaga misi perusahaan tetap di depan dan di tengah. Dia percaya bahwa pernyataan misi yang disimpan dan dilupakan tidak banyak membantu menyelaraskan tim di sekitar tujuan bersama. Pemimpin transformasional, seperti Bakken, mengomunikasikan misi mereka secara berlebihan, mengulanginya begitu sering sehingga menjadi mantra, dan komunikasi berlebihan memicu dampak misi, itu harus menjadi pusat perhatian di semua saluran komunikasi untuk semua tim.