Deliver Unforgettable Presentations

How to Speak to Be Remembered and Repeated In-Person, Online, and Onstage

By Patricia Fripp, Darren Lacroix and Mark Brown (2022)

 

Di era digital maupun bukan keterampilan nomor satu untuk bisa maju adalah memiliki kemampuan untuk berdiri dan berbicara dengan fasih di depan umum.

Jika Anda dapat berbicara dengan jelas, ringkas, dan dengan cara yang menarik, Anda akan mendapatkan lebih banyak dukungan agar ide Anda menjadi tak terlupakan.

7 Cara agar presentasi yang berkesan dan tak terlupakan

 

Step #1 — Find great content.

Konten terbaik untuk presentasi yang tak terlupakan biasanya berasal dari pengalaman hidup dan karier Anda. Cari konten hebat dalam pelajaran hidup Anda, terutama kegagalan Anda.

 

Step #2 — Simplify with Clarity.

Perjelas maksud dan tujuan pesan Anda, lalu berdasarkan hal tersebut apa yang Anda ingin orang ketahui, rasakan, dan lakukan? Buat pesan Anda sederhana, langsung, dan jelas.

 

Step #3 — Use great structure.

Struktur adalah kerangka di bawah kata-kata Anda. Template presentasi yang bagus untuk digunakan adalah Fripp Presentation Model. Ini memungkinkan Anda untuk mengomunikasikan pesan Anda dengan otoritas.

 

Step #4 — Give a strong opening.

Mulailah selalu dengan pembukaan yang kuat yang membangkitkan minat. Lakukan sesuatu atau katakan sesuatu yang langsung menarik perhatian audiens. Langsung ke intinya dengan cepat.

 

Step #5 — Compelling close.

Tutup dengan cara yang menarik dengan menghubungkan ke premis Anda, dan dengan tindakan yang menginspirasi. Jadikan penutup Anda sebagai sorotan pidato Anda, dan biarkan kata-kata Anda melekat di benak mereka.

 

Step #6 — Make it unforgettable.

Cara pasti untuk menjadi tak terlupakan adalah dengan menceritakan kisah yang membangkitkan emosi. Kembangkan dan gunakan cerita-cerita hebat. Ini akan selalu menjadi titik diferensiasi dan pembedaan.

 

Step #7 — Own the stage.

Persiapkan diri seperti seorang profesional untuk presentasi primetime. Tambahkan alat bantu visual, latih, tetapi yang terpenting temukan cara untuk terhubung dengan audiens Anda. Keaslian dan melayani audiens bekerja paling baik.

Wanda Irawan