Get Good with Money

Financial literacy bukanlah sesuatu yang diajarkan di sekolah, tetapi merupak hal yang seharusnya dimilik semua orang.

Intinya adalah ketika Anda menjadi baik dengan uang dan menjadi “utuh secara finansial”, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan daripada saat keuangan Anda berantakan.

Hal hebat tentang memahami mengelola uang bukanlah tentang bagaimana cara cepat kaya, atau sistem pengelolaan uang yang terlalu rumit.

Demikian, hanya ada sepuluh dasar yang perlu Anda kuasai agar mahir menggunakan dan mengelola keuangan.

 

10 Steps for Becoming Financially Whole

 

Step #1 — BUILD A BUDGET — and automate it.

Kendalikan anggaran Anda secara aktif. Anggap ini sebagai langkah “Katakan ya” menuju impian Anda. Anggaran yang baik akan membuka jalan menuju masa depan Anda yang sejahtera.

 

Step #2 — GET GOOD AT SAVING — for protection.

Tabungan adalah bahan bakar roket untuk masa depan Anda. Mereka juga merupakan bantalan untuk ketidakpastian. Menabung bukan untuk menghabiskan uang di masa depan, tetapi untuk menghasilkan lebih banyak uang juga.

 

Step #3 — DIG OUT OF DEBT — with an effective plan.

Utang memang tidak baik, tetapi bebas dari utang bukanlah yang utama. Anda harus dapat mengurangi atau menghilangkan hutang Anda, Kelola hutang dengan baik sehingga Anda dapat memiliki lebih banyak uang untuk mengembangkan kekayaan Anda.

 

Step #4 — BUILD YOUR CREDIT SCORE — the smart way.

Memiliki kredit yang baik adalah suatu keharusan. Ini membuka pintu peluang seperti kepemilikan rumah, atau bahkan mendapatkan pekerjaan yang baik. Anda ingin meningkatkan skor kredit Anda.

 

Step #5 — LEARN TO EARN — increase your income.

Salah satu cara terbaik untuk menjadi baik dengan uang adalah dengan meningkatkan gaji bersih Anda. Mulailah menghasilkan pendapatan lebih sebagai tambahan dana utama Anda.

 

Step #6 — INVEST LIKE AN INSIDER — for retirement.

Tujuan berinvestasi untuk masa pensiun adalah memiliki cukup uang untuk mempertahankan gaya hidup Anda saat ini setelah Anda berhenti bekerja. Untuk mencapai itu, berinvestasilah secara konsisten.

 

Step #7 — USE INSURANCE — to manage risks.

Asuransi memang sedikit rumit. Ini akan terasa seperti membuang-buang uang sampai Anda membutuhkannya, tetapi kenyataannya hidup tidak dapat diprediksi. Anda benar-benar membutuhkan asuransi untuk mengelola risikonya.

 

Step #8 — ESTABLISH NET WORTH GOALS — and grow.

Kekayaan bersih (aset Anda dikurangi kewajiban Anda) dapat dan harus dilacak sepanjang waktu. Buat keputusan yang akan mendorongnya ke arah yang benar setiap hari.

 

Step #9 — PICK YOUR MONEY TEAM — financial pros.

Untuk benar-benar mencapai tujuan keuangan Anda, Anda memerlukan tim penasihat untuk membantu Anda mencapainya. Luangkan waktu untuk mengumpulkan tim A-player dan profesional. 

 

Step #10 — LEAVE A LEGACY — smart estate planning.

Langkah terakhir untuk menjadi utuh secara finansial adalah mencari tahu warisan seperti apa yang ingin Anda tinggalkan. Apa yang Anda inginkan terjadi pada kekayaan yang Anda coba ciptakan?

Memiliki pemahaman yang baik tentang uang bukanlah keajaiban, juga tidak mengharuskan Anda memiliki penghasilan jutaan dolar. Anda hanya perlu menguasai dasar-dasarnya agar dapat memaksimalkan apa yang Anda miliki untuk mencapai tujuan.

Wanda Irawan