International Political Economy: adalah ilmu yang mempelajari dan memahami permasalahan – permasalahan dengan skala international maupun transnational yang muncul diakibatkan dengan relasi antar bisnis, pemerintah, dan kondisi sosial Negara tersebut, yang kemudian kita coba untuk mencari cara untuk memperbaiki atau menyelesaikan masalah tersebut menggunakan teori atau hipotesis yang ada.

Dimensi – dimensi IPE :

  • Political Dimension : membahas tentang kondisi politik sebuah Negara, dari aspek pembagian kekuasaan dalam pemerintah, hingga peraturan atau hokum apa saja yang ada di Negara tersebut.
  • Economic Dimension : membahas kondisi ekonomi sebuah Negara, dari aktivitas ekspor dan impor yang mereka lakukan, jumla GDP dan devisa yang didapatkan Negara tiap tahun, dll.
  • Societal Dimension : membahas kondisi sosial sebuah Negara, dari sudut pandang Negara tersebut terhadap pengungsi dari Negara lain, hingga interaksi antara grup – grup yang ada di negera tersebut.

Economic Liberalism: teori ekonomi yang menjadi bagian dari IPE yang lebih terfokus terhadap studi pasar, yang kemudian dibagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Orthodox economic liberals: menjunjung tinggi free trade dan free market tanpa campur tangan pemerintah.
  • Heterodox interventionist liberals : lebih memilih untuk adanya campur tangan pemerintah terhadap pasar agar ada lebih banyak regulasi dan perlindungan di dalam pasar.

Mercantilism: merupakan salah satu dari system ekonomi dimana suatu Negara memaksimalkan aktivitas ekspor impor mereka untuk mengumpulkan sumberdaya dan uang agar dapat mengantisipasi dan menjaga Negara tersebut dari bencana dan halangan di masa depanya, hal ini dicapai dengan adanya campur tangan peerintah terhadap semua aktivitas ekonomi Negara.

Level of Analysis : merupakan tingkatan yang digunakan dalam melakukan penelitian, dalam penelitian biasa peneliti hanya menggunakan 3 tingkatan dalam analisis yaitu Macro , Meso, dan Micro, tetapi dalam IPE  peneliti dapat menggunakan 4 level of analysis yaitu:

  • Global Level
  • Interstate Level
  • State / Societal Level
  • Individual Level

Globalization : Globalization atau globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya, hal ini juga dipengaruhi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, Proses globalisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh bisnis dan tata kerja, ekonomi, sumber daya sosial-budaya, dan lingkungan alam.

Reference:

Balaan, David N., & Dilman, Brodford. (2011). Introduction to International Political Economy. 05. Person Education Australia. ISBN: 978025008643.