STRATEGY FORMULATION (BLUE OCEAN STRATEGY) by Tengku Mohd. Khairal, Ph.D

Judul : Blue Ocean, yang diikuti oleh: 6 peserta, dengan Tema: Strategy Formulation

Pembelajaran dari hari ini

Strategy adalah inisiatif yang di design untuk mencapai tujuan tertentu

3 Pertanyaan Pusat terhadap Strategi

  1. Dimana kita sekarang?
    = Memahami diri sendiri
  2.  Kemana kita ingin pergi?
    = Pertanyaan ini adalah pertanyaan kepada perusahaan ingin menjadi apa dalam jangka Panjang.
  3. Apa yang kami maksud dengan strategi?
    = Bagaimana cara kita mencapai tempat tersebut dan bagaimana kita bisa menjadi apa disana. Dengan cara efektif dan efisien

Proses Manajemen Strategis
Melakukan analisis internal> melakukan analisis eksternal> melakukan formulasi visi

Strategi Blue Ocean

W. Chan Kim menemukan bahwa 86% keluaran baru yang sifatnya ekstensi pada produk lama, dan hanya 14% yang sifatnya Blue Ocean yang menghasilakn 39% dari total pendapatan, 61% dari total laba dari 108 perusahaan.

Red Ocean

  • Bersaing di ruang pasar yang ada
  • Selesaikan kompetisi
  • Eksploitasi permintaan yang ada
  • Buat trade-off nilai-biaya
  • Selaraskan seluruh sistem aktivitas perusahaan dengan pilihan strategis diferensiasi biaya rendah

Blue Ocean

  1. Ciptakan ruang pasar yang tidak dihuni
  2. Jadikan persaingan tidak relevan
  3. Buat dan tangkap permintaan baru
  4. Putuskan pertukaran nilai-biaya
  5. Menyelaraskan seluruh sistem aktivitas perusahaan dalam mengejar diferensiasi dan biaya rendah

Contoh perusahaan yang menerapkan Blue Ocean: iPods, Ford, Dell, Go-Jek, dll

Nilai Inovasi

Alat-alat yang digunakan dalam Blue Ocean:

  • Eliminasi
  • Mengurangi
  • Menaikkan
  • Membuat

Kerangka Empat Tindakan

  1. Faktor mana yang bisa dihilangkan?
  2. Faktor mana yang bisa dikurangi?
  3. Faktor mana yang harus dinaikkan
  4. Faktor apa yang harus dibuat?

Jangkau Melampaui Permintaan yang Ada

  • Tingkat pertama pelanggan membeli secara minimal dan penawaran industri karena kebutuhan
  • Tingkat kedua nonkonsumen menolak untuk menggunakan penawaran industri Anda
  • Tingkat ketiga adalah nonkonsumen yang tidak pernah menganggap penawaran pasar Anda sebagai opsi

Dapatkan Urutan Strategis dengan Benar

  • Utilitas pembeli
  • Harga
  • Biaya
  • Adopsi

Blue Ocean Result
Memberikan solusi yang lebih sesuai kepada calon pelanggan, karena dimulai dari bukan pelanggan

 

Vini Marianie Vici