STRATEGY FORMULATION (BLUE OCEAN STRATEGY) by Tengku Mohd. Khairal, Ph.D
Judul : Blue Ocean, yang diikuti oleh: 6 peserta, dengan Tema: Strategy Formulation
Pembelajaran dari hari ini
Strategy adalah inisiatif yang di design untuk mencapai tujuan tertentu
3 Pertanyaan Pusat terhadap Strategi
- Dimana kita sekarang?
= Memahami diri sendiri - Kemana kita ingin pergi?
= Pertanyaan ini adalah pertanyaan kepada perusahaan ingin menjadi apa dalam jangka Panjang. - Apa yang kami maksud dengan strategi?
= Bagaimana cara kita mencapai tempat tersebut dan bagaimana kita bisa menjadi apa disana. Dengan cara efektif dan efisien
Proses Manajemen Strategis
Melakukan analisis internal> melakukan analisis eksternal> melakukan formulasi visi
Strategi Blue Ocean
W. Chan Kim menemukan bahwa 86% keluaran baru yang sifatnya ekstensi pada produk lama, dan hanya 14% yang sifatnya Blue Ocean yang menghasilakn 39% dari total pendapatan, 61% dari total laba dari 108 perusahaan.
Red Ocean
- Bersaing di ruang pasar yang ada
- Selesaikan kompetisi
- Eksploitasi permintaan yang ada
- Buat trade-off nilai-biaya
- Selaraskan seluruh sistem aktivitas perusahaan dengan pilihan strategis diferensiasi biaya rendah
Blue Ocean
- Ciptakan ruang pasar yang tidak dihuni
- Jadikan persaingan tidak relevan
- Buat dan tangkap permintaan baru
- Putuskan pertukaran nilai-biaya
- Menyelaraskan seluruh sistem aktivitas perusahaan dalam mengejar diferensiasi dan biaya rendah
Contoh perusahaan yang menerapkan Blue Ocean: iPods, Ford, Dell, Go-Jek, dll
Nilai Inovasi
Alat-alat yang digunakan dalam Blue Ocean:
- Eliminasi
- Mengurangi
- Menaikkan
- Membuat
Kerangka Empat Tindakan
- Faktor mana yang bisa dihilangkan?
- Faktor mana yang bisa dikurangi?
- Faktor mana yang harus dinaikkan
- Faktor apa yang harus dibuat?
Jangkau Melampaui Permintaan yang Ada
- Tingkat pertama pelanggan membeli secara minimal dan penawaran industri karena kebutuhan
- Tingkat kedua nonkonsumen menolak untuk menggunakan penawaran industri Anda
- Tingkat ketiga adalah nonkonsumen yang tidak pernah menganggap penawaran pasar Anda sebagai opsi
Dapatkan Urutan Strategis dengan Benar
- Utilitas pembeli
- Harga
- Biaya
- Adopsi
Blue Ocean Result
Memberikan solusi yang lebih sesuai kepada calon pelanggan, karena dimulai dari bukan pelanggan