Model-Based Workshops

Lokakarya Berbasis Model

Model sering dibangun secara interaktif dalam lokakarya pemodelan yang difasilitasi, dengan pakar materi pelajaran berbicara tentang bisnis dan seorang pemodel mengubah model dengan cepat. Lokakarya adalah kegiatan kelompok. Beberapa pakar materi pelajaran—masing-masing dengan pengetahuan dan pemahaman yang berbeda—secara kolektif membangun sebuah model. Bersama-sama mereka mencapai pemahaman yang sama. Kami menjelaskan lokakarya berbasis model dalam dua bab.
Memeriksa model organisasi dan model proses bisnis untuk memahami mengapa pelanggan mengalami penundaan sebelum mereka duduk. Namun dalam praktiknya, bagaimana model-model ini dibuat? Pendekatan apa yang digunakan untuk membuatnya? Salah satu pendekatannya adalah dengan membuat model dari dokumen yang sudah ada. Anda mulai dengan mempelajari kebijakan tertulis restoran dan materi pelatihan untuk karyawan baru. Anda kemudian membuat model secara terpisah. Semua pekerjaan dapat dilakukan tanpa meninggalkan kantor Anda. Membuat model dalam isolasi adalah pendekatan pemodelan yang buruk. Bahan-bahan tertulis yang ada selalu tidak lengkap. Biasanya mereka juga salah—kedaluwarsa dan bertentangan dengan praktik yang sebenarnya. Dan dalam menafsirkan materi tertulis, Anda akan membuat kesalahan saat mencoba memahami materi yang dibuat oleh orang lain—materi yang mereka pahami lebih baik dari Anda. Kemudian kita membahas kapan waktu yang tepat untuk membuat model dalam isolasi, tetapi secara umum pendekatan terisolasi ini adalah cara yang buruk untuk membuat model bisnis. Pendekatan lain adalah membuat model dalam sesi satu lawan satu dengan ahli materi pelajaran. Anda bertemu dengan tuan rumah restoran dan memahami bagaimana dia menangani reservasi dan bagaimana dia memberikan meja untuk pesta makan malam. Anda bertemu secara terpisah dengan server dan memahami bagaimana dia menerima pesanan, menyajikan makanan, dan memproses pembayaran. Anda bertemu dengan manajer untuk mendapatkan pandangannya tentang proses ini. Anda kemudian menggabungkan apa yang telah Anda pelajari menjadi satu model.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari