MODEL MENTAL UNTUK PERTUMBUHAN (“Growth Mental Model”)
Oleh Hardijanto S.
“Growth Mental Model” diinisiasi untuk mengilhami orang-orang dalam organisasi dan sekaligus membentuk pola pikir yang menyatukan dan memotivasi agar semua pihak memiliki mental yang sama untuk mendorong perusahaan tumbuh dan berkembang. Ini memberikan konsep menarik dari varietas fundamental “kepercayaan” layanan atau bahkan produk atau operasi atau tema pemasaran atau bahkan perusahaan. Ini menyatukan pandangan filosofis, sadar atau tidak sadar, tentang perusahaan,
Representasi realitas yang dirasakan melalui model mental ini, menjelaskan penyebab dan mendorong pengaruh kepada karyawan, manajemen, klien atau pelanggan dan membawa mereka untuk mengharapkan hasil tertentu, memberi makna pada kejadian, dan membuat kita cenderung berperilaku dengan cara tertentu. Meskipun model mental memberikan stabilitas internal dalam dunia perubahan terus-menerus, mereka juga bisa membutakan kita pada fakta dan gagasan yang lebih menantang atau kadang justru menentang kepercayaan kita atas model sukses yang sudah berjalan lama dan mendalam.
Seiring dengan perkembangan ekonomi, model mental yang dulunya berhasil bisa saja menjadi usang. Oleh karena itu, menyegarkan model mental pimpinan organisasi merupakan persyaratan utama dari kompetensi manajemen strategis. Model mental yang salah bisa sangat berbahaya bagi manajemen. Ini akan menghasilkan jebakan manajemen, yang mencegah perkembangan lebih lanjut.
Pada lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat, kesuksesan akan bertahan hanya jika mereka terus mengembangkan model mental seiring berjalannya waktu sebagai sistem adaptif yang kompleks. Model Mental Pertumbuhan mengasumsikan bahwa semua pertumbuhan itu baik dan membuat pertumbuhan menjadi tujuan utama sebuah bisnis, tidak hanya semata-mata keuntungan jangka pendek dan spekulatif.