The Digital Enterprise
Salah satu dampak utama E-Commerce adalah penciptaan perusahaan digital yang menyertai perusahaan sosial.
Istilah perusahaan digital memiliki beberapa definisi. Biasanya mengacu pada perusahaan, seperti Amazon.com, Google, Facebook, atau Ticketmaster, yang menggunakan komputer dan sistem informasi untuk mengotomatisasi sebagian besar proses bisnisnya.
Perusahaan digital adalah model bisnis yang relatif baru yang menggunakan IT untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dengan meningkatkan produktivitas karyawan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, dan menyediakan interaktivitas yang lebih baik antara vendor dan pelanggan. Karakteristik utama perusahaan digital, di mana mereka dibandingkan dengan perusahaan tradisional.
Perhatikan bahwa istilah perusahaan mengacu pada segala jenis organisasi, publik atau swasta, kecil atau besar. Suatu perusahaan dapat berupa pabrik, rumah sakit, universitas, jaringan TV, seluruh kota, atau seluruh negara. Misalnya, Singapura adalah salah satu dari tujuh negara yang dianggap digital. Mereka semua bergerak menuju digital.
Perusahaan digital menggunakan jaringan komputer di EC untuk memfasilitasi hal-hal berikut:
• Semua mitra bisnis dicapai melalui Internet atau sekelompok intranet aman yang disebut ekstranet, atau jalur komunikasi pribadi bernilai tambah.
• Semua komunikasi internal dilakukan melalui intranet, yang merupakan mitra Internet di dalam perusahaan.
Sebagian besar data perusahaan dan transaksi EC dilakukan melalui Internet dan extranet. Banyak perusahaan menggunakan portal perusahaan, yang merupakan pintu gerbang bagi pelanggan, karyawan, dan mitra untuk mencapai informasi perusahaan dan untuk berkomunikasi dengan perusahaan.
Perhatian utama banyak perusahaan saat ini adalah bagaimana mengubah diri mereka menjadi perusahaan digital (atau setidaknya sebagian digital). Konsep perusahaan digital terkait dengan konsep bisnis sosial
Dikutip dari
Efraim Turban,David KIng,Jae Lee,Ting-Peng Liang. (2018). Electronic Commerce A Managerial And Social Networks Perspective, Springer International Publishing AG