The Office of Environmental Affairs
Banyak perusahaan memindahkan urusan lingkungan dari sisi staf organisasi kesisi garis, sehingga membuat kelompok lingkungan perusahaan melapor langsung kepada Chief Operating Officer. Perusahaan yang mengelola urusan lingkungan akan meningkatkan hubungan dengan konsumen, regulator, vendor, dan pemain industri lainnya, secara substansial meningkatkan prospek kesuksesan mereka.
Strategi lingkungan dapat mencakup mengembangkan atau mengakuisisi bisnis hijau, melepaskan atau mengubah bisnis yang merusak lingkungan, berusaha untuk menjadi produsen berbiaya rendah melalui minimalisasi limbah dan konservasi energi, dan mengejar strategi diferensiasi melalui fitur produk hijau. Selain itu, perusahaan dapat menyertakan perwakilan lingkungan di dewan direksi mereka, melakukan audit lingkungan secara teratur, menerapkan bonus untuk hasil lingkungan yang menguntungkan, terlibat dalam masalah dan program lingkungan, memasukkan nilai-nilai lingkungan dalam pernyataan misi, menetapkan tujuan berorientasi lingkungan, memperoleh lingkungan keterampilan, dan menyediakan program pelatihan lingkungan untuk karyawan dan manajer perusahaan.
Melestarikan lingkungan harus menjadi bagian permanen dari melakukan bisnis, karena alasan berikut:
- Permintaan konsumen akan produk dan paket yang ramah lingkungan tinggi.
- Opini publik menuntut perusahaan menjalankan bisnis dengan cara yang melestarikan alam
- lingkungannya kuat.
- Kelompok advokasi lingkungan kini memiliki lebih dari 20 juta orang Amerika sebagai anggota.
- Peraturan lingkungan federal dan negara bagian berubah dengan cepat dan menjadi lebih kompleks.
- Lebih banyak pemberi pinjaman yang memeriksa liabilitas lingkungan dari bisnis yang mencari pinjaman.
- Banyak konsumen, pemasok, distributor, dan investor menghindari berbisnis dengan perusahaan yang lemah lingkungan.
- Kewajiban gugatan dan denda terhadap perusahaan yang mengalami masalah lingkungan sedang meningkat.
Dikutip dari
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic management: Concepts and cases: A Competitive Advantage Approach, Pearson Education Limited