Potensi Ekonomi Digital Di Indonesia

Oleh : Raymond Putra Edfran

Potensi ekonomi digital di Indonesia semakin tinggi. Banyak transformasi digital yang semakin banyak di adopsi turut mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut tentunya menjadi momentum yang tepat bagi para investor untuk berinvestasi di sektor TIK

Pertumbuhan start-up di Indonesia juga diprediksi akan terus meningkat sampai dengan 6,5 kali lipat pada tahun 2020 (CHGR, 2016). Dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya, pada tahun 2016, Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah start-up tertinggi dengan sekitar 2,000 start-up.

Ada beberapa tren Menurut Technology Vision sendiri, ada 5 tren teknologi terbaru yang penting untuk kesuksesan bisnis dalam ekonomi digital saat ini:

  1. Artificial Intelligence as new User Interface. 
Artificial Intelligence bisa membuat interaksi menjadi lebih sederhana dimana AI menjadi User Interface baru yang mendukung cara pengguna bertransaksi dan berinteraksi dengan sistem
  2. Design For Humans
. Teknologi beradaptasi terhadap cara perilaku manusia dan belajar dari manusia untuk menciptakan produk yang dapat meningkatkan kualitas hidup, memenuhi apa yang di harapkan oleh manusia
  3. Ecosystem as macrocosm. 
Kegiatan bisnis sekarang ini menjadi sebuah ekosistem yang terintegrasi antara platform bisnis, konsumen, pengusaha dan karyawan. Kegiatan bisnis tidak hanya berjalan secara B to B atau B to C. Namun menjadi kesatuan ekosistem yang terintegrasi
  4. WorkPlace Market. Jumlah platform tenaga kerja yang dibutuhkan dan solusi manajemen pekerjaan secara online kini tumbuh dengan pesat.Perusahaan bisa menggunakan pasar tenaga kerja secara online baik sebagai free lancer, maupun pekerja Independen.
  1. The Uncharted. Untuk mensukseskan ekonomi digital saat ini, perusahaan harus mempelajari area yang belum pernah tersentuh sebelumnya. Alih-alih hanya berfokus pada pengenalan produk dan jasa yang baru, mereka harus berpikir lebih luas – memaksimalkan peluang untuk menciptakan aturan dan standar untuk sebuah industri yang baru.

Ekonomi Digital Indonesia di percaya akan meningkat secara terus-menerus. Hal ini di karenakan dari segi konsumen, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial dengan jumlah populasi terbanyak ke -4 di dunia. Kekuatan pasar domestik yang tidak bisa di pandang sebelah mata.Pada tahun 2019 ditargetkan semua ibu kota Indonesia sudah memiliki akses broad band. Dengan begitu, Indonesia dapat tumbuh menjadi lebih baik dalam industri digital ke depannya.

Sumber :

  • http://economy.okezone.com/read/2017/03/14/320/1642116/pengusaha-it-siap-majukan- ekonomi-digital-indonesia
  • http://www.theindonesianinstitute.com/mencermati-potensi-ekonomi-digital-di-indonesia/
  • https://arenalte.com/berita/industri/transformasi-teknologi-digital-indonesia/
  • http://selular.id/news/enterprise/2017/02/5-tren-teknologi-terbaru-dalam-ekonomi-digital/

 

Angtyasti Jiwasiddi