Regulatory Workshop

Lokakarya Regulasi

Setiap organisasi dipengaruhi oleh hukum dan peraturan pemerintah. Misalnya, banyak kota melarang merokok di restoran dan bar. Beberapa peraturan pemerintah mempengaruhi instansi pemerintah itu sendiri.

Lokakarya regulasi adalah lokakarya berbasis model untuk memahami konsekuensi dari regulasi baru atau kebijakan baru. Peraturan baru (atau kebijakan baru) akan memiliki banyak konsekuensi. Ini akan mempengaruhi proses bisnis. Ini mungkin mempengaruhi organisasi dan interaksi. Ini biasanya akan mempengaruhi sistem. Dan tentu saja mempengaruhi aturan bisnis: Regulasi baru harus dioperasionalkan ke dalam 10 atau 100 aturan bisnis yang menerapkan regulasi baru. Aturan bisnis lain yang ada harus diubah sebagai akibat dari regulasi baru. Dalam lokakarya regulasi, peserta memulai dengan memahami regulasi baru: Apa artinya? Mereka membuat model organisasi untuk memahami bagaimana regulasi mengubah interaksi yang ada. Mereka membuat model proses bisnis untuk memahami dampak proses bisnis. Mereka mungkin melakukan simulasi untuk memahami implikasi biaya dan waktu dari peraturan baru tersebut. Akhirnya, mereka mengoperasionalkan peraturan baru dalam aturan bisnis.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari