Strategy Workshop

Organisasi didorong oleh tujuan, dan oleh strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa organisasi memilih strategi dan menjalankannya untuk jangka waktu yang lama. Organisasi lain mengubah arah setiap beberapa tahun dan beberapa lebih sering berubah, melompat dari satu strategi ke strategi lainnya dalam upaya menemukan strategi yang tepat. Lokakarya untuk memilih strategi berfokus pada influencer di organisasi, dan tujuan serta strategi yang paling tepat menangani influencer tersebut.
Ada tiga strategi alternatif: pindah ke lokasi baru yang lebih besar, menaikkan harga, dan memasarkan ke acara bisnis. Lokakarya berbasis model digunakan untuk memunculkan dan mengevaluasi ketiga strategi tersebut. Pertama, alternatif dimodelkan: Apa yang dilakukan pesaing? Apa masalah dan tujuan yang kami tangani dengan setiap alternatif? Seperti apa organisasi itu sekarang, dan bagaimana perubahannya setelah strategi baru diterapkan? Apa langkah-langkah yang harus kita ambil—peta jalan—untuk menerapkan strategi? Selanjutnya, fasilitator menggunakan teknik penilaian untuk memungkinkan peserta lokakarya menilai strategi. Dalam situasi ini, orang dinilai pada skala numerik dari 1 sampai 5. Alternatif dinilai pada beberapa kategori: risiko, waktu untuk mengeksekusi, kesulitan, dan manfaat yang dirasakan

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari