MODEL-BASED WORKSHOPS

LOKAKARYA BERBASIS MODEL

Lokakarya berbasis model adalah lokakarya yang difasilitasi yang menghasilkan penciptaan model bisnis. Lokakarya memiliki tujuan bisnis—misalnya, memutuskan bagaimana mematuhi peraturan pemerintah yang baru—dan model bisnis dibuat untuk mendukung pengambilan keputusan tentang cara mencapai tujuan. Sebuah tim kecil menjalankan lokakarya berbasis model. Tim termasuk fasilitator yang memfasilitasi lokakarya, mengajukan pertanyaan, mengatur waktu, dan menarik partisipasi dari semua orang. Tim tersebut mencakup seorang pemodel yang membuat model dan menangkap detail yang relevan dengan model. Tim termasuk juru tulis yang mencatat sementara fasilitator dan modeler sibuk melakukan tugas mereka. Tim juga dapat mencakup ahli materi pelajaran independen, seseorang yang memiliki pengetahuan domain tertentu yang berguna untuk berkomunikasi dengan peserta lokakarya.

Misalkan Anda memfasilitasi lokakarya berbasis model di Mykonos. Lokakarya ini dimaksudkan untuk menangkap model organisasi dan proses bisnis tentang cara kerja dilakukan di restoran Portia. Pemangku kepentingan Anda, CFO Mykonos, ingin memahami bagaimana penundaan lama yang dialami pengunjung dapat dihilangkan, dan dengan menghilangkan penundaan bagaimana pendapatan dapat tumbuh. Secara khusus dia ingin para peserta mempertimbangkan apakah pager restoran akan membantu mengurangi penundaan. Anda telah memesan kamar yang memiliki papan tulis, proyektor, dan layar. Meja dan kursi diatur dalam bentuk U, untuk menciptakan suasana santai dan interaktif. Anda menyapa para peserta saat mereka tiba. Beberapa hari sebelumnya, Anda telah mengirim email kepada para peserta untuk mengingatkan mereka tentang lokakarya dan tujuannya. Para peserta memahami bahwa lokakarya adalah tentang menganalisis bagaimana pekerjaan dilakukan di restoran sehingga penundaan dapat dikurangi. Mereka tahu bahwa pager untuk pengunjung yang menunggu harus dievaluasi. Anda berharap bahwa sejauh ini pengetahuan mereka ketika mereka tiba di bengkel. Dan Anda mengharapkan mereka tahu sedikit tentang pemodelan bisnis. Anda memulai lokakarya dengan meninjau agenda. Anda menjelaskan tujuan lokakarya, siapa yang memintanya, dan mengapa semua orang ada di sini. Anda menjelaskan bahwa grup pertama-tama akan menangkap interaksi dan proses apa adanya di restoran dan mencoba memahami di mana penundaan terjadi

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari