Poor communication in the project

Poor communication in the project

 

Komunikasi yang buruk muncul karena berbagai alasan. Misalnya, anggota tim proyek dapat menjadi tidak yakin tentang struktur proyek dan saling ketergantungan di antara anggota tim mereka tidak tahu dengan siapa mereka diharapkan untuk berbagi informasi. Alasan lain komunikasi dalam tim proyek dapat terpecah adalah karena beberapa anggota tim tidak mau berbagi informasi, melihatnya sebagai sumber kekuatan atas anggota tim lainnya. Komunikasi juga dapat terhambat dalam tim proyek karena orientasi fungsional atau profesional yang berbeda dari anggota tim proyek. Personil teknis, seperti insinyur, merasa nyaman menggunakan jargon ilmiah atau teknis yang sulit dipahami oleh personel nonteknis.

Demikian juga, para profesional dengan latar belakang keuangan dapat menggunakan terminologi yang terkait dengan bisnis tidak jelas untuk anggota tim teknis.

Kunci untuk menyelesaikan banyak masalah komunikasi terletak pada kesediaan manajer proyek untuk menetapkan dan menegakkan standar untuk berbagi informasi di antara anggota tim, menciptakan suasana di dalam tim proyek yang mendorong pertukaran yang jujur ​​dan terbuka

Dikutip dari

Pinto, J. K. (2013). Project Management: Achieving Competitive Advantage. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD