Maturity and the Model Disciplines

Kedewasaan dan Model Disiplin

Empat disiplin model sangat kuat—terutama dalam kombinasi, menggambarkan bisnis menggunakan semuanya.

Sebaliknya, akuntansi adalah standar emas disiplin model bisnis. Akuntansi sudah matang, dengan sejarah panjang dan ratusan ribu praktisi profesional di seluruh dunia, akuntan yang memfokuskan upaya mereka untuk menciptakan dan menafsirkan model akuntansi. Sepanjang sejarahnya, akuntan telah mengembangkan Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum (GAAP), sebuah kerangka kerja untuk bagaimana membuat model akuntansi untuk situasi dunia nyata yang berbeda. GAAP adalah standar untuk kesetiaan akuntansi, untuk menilai kapan model akuntansi merupakan cerminan yang cukup akurat dari model perusahaan. GAAP adalah semacam ambang batas untuk kesetiaan; jika laporan keuangan sesuai dengan

GAAP, itu adalah kesetiaan yang cukup tinggi bagi akuntan profesional untuk membubuhkan segel persetujuan mereka di atasnya. Mungkin masing-masing dari empat disiplin model kami harus memiliki ribuan profesional dan GAAP-nya sendiri. Harus ada GAAP proses bisnis yang mengatur apakah model proses bisnis tertentu merupakan cerminan yang cukup akurat dari proses bisnis seperti yang dilakukan oleh organisasi tertentu. GAAP proses bisnis seperti itu mungkin menyertakan panduan—misalnya, bahwa situasi tidak biasa yang terjadi 0,1% dari waktu tidak perlu dimodelkan, tetapi jika situasi terjadi 5 persen dari waktu, itu harus dimodelkan.

Tidak ada GAAP proses bisnis seperti itu. Pemodelan proses bisnis belum cukup matang. Sampai saat itu, kita harus puas dengan tingkat kesetiaan, tanpa konsensus profesional tentang seberapa banyak kesetiaan yang cukup. Sampai konsensus tercapai, kita harus mengandalkan penilaian kita sendiri.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari