MODEL-BASED WORKSHOPS FOR VARIOUS BUSINESS PURPOSES

LOKAKARYA BERBASIS MODEL UNTUK BERBAGAI TUJUAN BISNIS

Setiap proyek memiliki tujuan bisnis. Beberapa proyek memiliki tujuan yang melibatkan strategi—misalnya, membuat strategi untuk unit bisnis. Proyek lain memiliki tujuan yang melibatkan eksekusi—misalnya, memutuskan apakah akan mengalihdayakan suatu fungsi. Masih proyek-proyek lain memiliki tujuan yang melibatkan implementasi teknologi informasi. Selama satu proyek, beberapa lokakarya berbasis model dapat melayani tujuan bisnis yang berbeda. Satu lokakarya dapat memperjelas tujuan bisnis, yang lain dapat mengevaluasi strategi alternatif, dan lokakarya ketiga dapat menyelaraskan persyaratan teknologi dengan kebutuhan bisnis.

Lokakarya berbasis model berguna dalam berbagai tujuan bisnis yang berbeda. Pada bagian ini kami mengeksplorasi beberapa workshop pemodelan yang telah kami sampaikan dan bagaimana membuat sebuah workshop berbasis model yang sesuai dengan tujuan. Daftar ini tidak lengkap. Ada tujuan bisnis lain yang belum kami jelaskan. Tapi kami telah menemukan tujuan ini menjadi yang paling umum.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari