Knowledge Management and Reuse in Software Engines in generating the value of business models

Manajemen pengetahuan adalah praktik menangkap pengetahuan secara sistematis dari beberapa orang dalam suatu organisasi sehingga pengetahuan tersebut dapat digunakan oleh orang lain di tempat lain dalam organisasi. Manajemen pengetahuan bertujuan untuk mengubah dokumen sehari-hari yang dibuat dan digunakan orang menjadi sumber nilai ekonomi bagi orang lain. Saat ini, pendekatan manajemen pengetahuan yang khas adalah mengumpulkan dokumen, mengindeksnya, menyimpannya, dan membuatnya dapat diakses oleh orang lain. Kemudian, orang dapat mencari kata kunci dan menemukan dokumen yang relevan, menemukan apa yang telah dilakukan orang lain sebelumnya. Setelah ditangkap, dokumen bukan lagi sesuatu yang hanya tersedia secara pribadi untuk beberapa orang; melainkan sekarang menjadi aset organisasi, tersedia bagi banyak orang. Orang yang datang belakangan tidak perlu menemukan kembali pengetahuan yang diperoleh dengan susah payah. Mereka dapat mempelajari apa yang telah dilakukan dan menggunakannya kembali. Tetapi praktik manajemen pengetahuan saat ini hanya menangkap setengah dari pengetahuan yang relevan. Praktik manajemen pengetahuan yang khas menangkap pengetahuan eksplisit yang ditemukan dalam dokumen yang ada tetapi bukan pengetahuan tacit yang ditemukan di kepala orang. Pengetahuan tacit mencakup apa yang orang lakukan dan bagaimana mereka melakukannya. Pengetahuan tacit mencakup kapan setiap dokumen digunakan dan mengapa. Misalnya, Crystal adalah server di Adelina, salah satu restoran Cora Group. Crystal cukup pandai menjual anggur. Dia dapat mengenali situasi yang tepat untuk menyarankan anggur yang lebih mahal, dan dia berhasil meyakinkan pelanggannya untuk mencoba sesuatu yang baru. Dia memahami anggur yang berbeda di daftar anggur Adelina dan anggur mana yang cocok untuk hidangan apa, acara apa, dan rasanya. Pengetahuan Crystal tentang peningkatan penjualan anggur tidak ditemukan dalam dokumen Adelina mana pun. Ini adalah pengetahuan tacit, bukan pengetahuan eksplisit. Pemodelan bisnis mengubah pengetahuan tacit menjadi pengetahuan eksplisit. Detail aturan bisnis, aktivitas dalam proses bisnis, dan tujuan serta taktik semuanya ditangkap dan dibuat eksplisit saat diubah menjadi model bisnis. Dalam kasus Crystal, pengetahuan tentang peningkatan penjualan anggur ditangkap dalam kumpulan aturan bisnis yang dapat diajarkan kepada orang lain. Aturan-aturan ini dapat disesuaikan untuk daftar anggur dari restoran Cora Group lainnya dan dengan demikian menghasilkan penjualan anggur yang lebih tinggi secara keseluruhan. Ketika pemodelan bisnis dipraktekkan, manajemen pengetahuan menjadi lebih berguna. Pengetahuan tacit sekarang dapat dikelola bersama dengan pengetahuan eksplisit. Setengah lainnya dari pengetahuan dapat ditangkap

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari