FOUR MODEL DISCIPLINES

Baru-baru ini empat model bisnis baru telah menjadi penting, model yang melengkapi model klasik. Model-model baru ini tidak menggantikan laporan keuangan dan bagan organisasi. Laporan laba rugi tidak akan hilang, tidak dalam hidup kita. Sebaliknya, empat model baru berfokus pada beberapa bagian berbeda dari realitas bisnis yang kompleks. Sama seperti laporan keuangan dan bagan organisasi dapat menunjukkan dua pandangan dari bisnis yang sama, model baru ini membuka beberapa pandangan baru tentang bisnis—pandangan baru untuk tujuan baru. Keempat model baru tersebut adalah model motivasi bisnis, model organisasi bisnis, model proses bisnis, dan model aturan bisnis. Model motivasi bisnis menggambarkan tujuan bisnis dan sarana untuk mencapai tujuan tersebut. Apa yang ingin kami capai di Cora Group? Strategi apa yang kita gunakan untuk mencapai tujuan tersebut? Model organisasi bisnis menggambarkan kelompok apa yang ada dan siapa yang berinteraksi dengan siapa untuk menyelesaikan pekerjaan. Siapa di Portia yang berinteraksi dengan toko roti pihak ketiga? Model proses bisnis menunjukkan tugas langkah demi langkah untuk menyelesaikan pekerjaan. Bagaimana pelayan kami melayani pelanggan melalui makan malam?

Bagaimana cara mempekerjakan asisten koki baru? Dan model aturan bisnis menggambarkan hukum, kebijakan, dan panduan lain yang membatasi pekerjaan. Aturan kesehatan apa yang kita terapkan? Panduan apa yang kami berikan kepada pelayan kami tentang cara memuaskan pelanggan yang tidak puas? Bersama-sama keempat jenis model ini menggambarkan banyak hal penting tentang Portia, atau tentang bisnis apa pun. Masing-masing dari keempat macam model tersebut merupakan model disiplin. Disiplin model mencakup serangkaian batasan untuk menentukan apakah suatu model valid. Kendalanya berbeda dari satu disiplin model ke disiplin lainnya. Misalnya, kendala untuk model proses bisnis berbeda dari kendala untuk model motivasi bisnis.

Model proses bisnis yang valid untuk mempekerjakan asisten koki baru di Portia bukanlah model motivasi bisnis yang valid untuk apa pun. Kami menjelaskan masing-masing dari empat disiplin model dalam Bab 3-6, dengan satu bab untuk setiap disiplin. Beberapa deskripsi kami adalah tentang batasan validitas untuk disiplin.

Setiap disiplin model memiliki fokus yang berbeda, pertanyaan yang berbeda yang dapat dijawabnya, dan analisis yang berbeda yang didukungnya. Saat memodelkan bisnis, Anda biasanya membangun model dalam beberapa disiplin model yang berbeda, untuk melihat bisnis dari sudut yang berbeda. Ingatlah bahwa Anda telah memeriksa laporan keuangan dan bagan organisasi untuk akuisisi Cora Group: model dari dua disiplin ilmu klasik.

Empat disiplin model bisnis baru saling melengkapi. Dengan model motivasi bisnis Cora Group, kita dapat melihat dengan seksama tujuan dan pengaruh yang telah membawa kesuksesan perusahaan. Dengan model aturan bisnis restoran yang sama, kita dapat memeriksa kebijakan tertentu yang mereka gunakan untuk memandu pembuatan menu dan layanan pelanggan, dan bagaimana kebijakan tersebut menghasilkan pengalaman pelanggan yang baik. Kedua model memberikan perspektif yang berbeda pada bisnis yang sama.

Empat disiplin model juga melengkapi akuntansi klasik dan disiplin organisasi. Beberapa orang percaya bahwa segala sesuatu yang penting tentang bisnis tercermin dalam akuntansi—dalam dolar dan sen dari laporan laba rugi dan neraca. Itu benar, jika Anda menunggu cukup lama. Segala sesuatu yang penting akhirnya muncul di akuntansi, tetapi terkadang tidak sampai terlambat untuk diperbaiki.

Misalnya, sebuah restoran dapat memiliki buku bagus tahun ini tetapi lambat untuk duduk dan melayani tamu. Ini akan menyebabkan ketidakpuasan pelanggan dan permintaan yang lebih rendah. Akuntansi akan menunjukkan ini tahun depan, karena pendapatan menurun. Model proses bisnis tentang bagaimana orang duduk dan dilayani akan menjelaskan masalah hari ini.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari