TRACEABILITY

TELUSURI

Dalam memeriksa sebuah model, selalu berguna untuk bertanya tentang tujuan elemen model individual. Mengapa kita menegakkan aturan ini? Mengapa kita melakukan tugas proses bisnis ini? Jawaban atas pertanyaan tujuan biasanya merupakan elemen model dalam model lain. Kami menegakkan aturan ini karena strategi tertentu yang kami kerjakan.

Ketertelusuran adalah menghubungkan elemen model antar model, menjelaskan elemen model dalam satu model dengan mengacu pada elemen model di model lain. Ketertelusuran menjawab pertanyaan “mengapa”—pertanyaan tentang alasan, tujuan, dan maksud. Beberapa alat pemodelan bisnis mendukung ketertelusuran.

Prosesnya menunjukkan bagaimana pelayan di Portia menerima pesanan makan malam. Mengapa server mengambil pesanan minuman terlebih dahulu, daripada bertanya tentang minuman dan makan malam pada saat yang bersamaan? Di restoran cepat saji, restoran bawa pulang, dan banyak tempat lainnya, makanan dan minuman dipesan bersama. Mengapa server di restoran kami bekerja terlebih dahulu pada minuman dan baru kemudian pada makanan? Mungkin ada banyak alasan untuk mengurutkan minuman terlebih dahulu. Salah satu alasannya adalah pelanggan akan minum lebih banyak jika mereka disajikan minuman terlebih dahulu, dan minuman adalah item dengan margin tinggi untuk restoran. Alasan lain adalah bahwa Portia bercita-cita menjadi tempat kelas atas di mana pelanggan tinggal selama berjam-jam. Di restoran yang lebih canggih, mengambil pesanan minuman dan pesanan makan malam pada saat yang sama dianggap membuat pelanggan terburu-buru dan tidak sesuai dengan citra kelas atas.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari