Customer engagement and employee engagement

Keterlibatan pelanggan.

Perusahaan pasar menengah mengatakan pengalaman pelanggan, generasi memimpin, dan alat pemasaran saat ini adalah tiga prioritas digital utama yang dihadapi pelanggan. Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk membuat kemajuan di bidang ini:

  • Menempatkan kepentingan yang lebih besar pada pemasaran dan penjualan multichannel terintegrasi, menemukan campuran yang tepat dari pemasaran online dan offline, penjualan, dan layanan.
  • Kembangkan situs web yang lebih fungsional yang menghubungkan pelanggan dengan karyawan dan menawarkan dukungan untuk produk dan layanan.
  • Meningkatkan interaksi online dengan pelanggan (website, media sosial, mobile).
  • Gunakan berbagai pengalaman pelanggan digital dan alat analisis.
  • Gunakan teknologi yang mendukung tenaga penjualan, seperti sistem CRM dan media sosial.
  • Bekerja menuju omni-channel, pengalaman digital end-to-end di semua platform dan saluran.

Keterlibatan karyawan.

Mengakses, menarik, dan mempertahankan bakat yang tepat telah menjadi tantangan di pasar menengah selama beberapa tahun. Pemimpin sangat tertantang ketika datang untuk menemukan karyawan potensial dengan keterampilan digital yang tepat. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan pasar menengah harus melakukan hal berikut:

  • Lakukan upaya bersama untuk berinvestasi pada orang-orang dengan keahlian digital tertentu dan bersedia membayar premi untuk keterampilan yang tepat.
  • Mengadopsi teknologi dan proses digital terbaru dan terbaik, termasuk menggunakan platform digital untuk penetapan tujuan karyawan dan manajemen kinerja dan menggunakan aplikasi seluler untuk akuisisi bakat.
  • Ambil pendekatan strategis untuk menyelaraskan kembali tenaga kerja dan memutuskan kegiatan mana yang dapat dikontrak ke spesialis luar untuk memerangi kesenjangan keterampilan digital.
  • Memberikan pelatihan karir dan pengembangan dan jalur karir yang jelas.

Reference: Doug Farren and Anil K. Makhija – The 5 Fronts of Digital Transformation in the Middle Market Harvard Business Review – October 19, 2021

Dicky Hida Syahchari