Apa yang harus ditanyakan pada diri sendiri sebelum menyerah pada mimpimu

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

Anda baru saja meluncurkan gagasan Anda – bisnis baru, jalur karir baru, atau peran baru di dalam perusahaan Anda – namun semuanya tidak dimulai dengan cepat. Tidak ada yang mau mengumumkan mimpinya. Tetapi jika Anda mendukung hidup dan Anda menyalurkan sumber daya berharga ke dalam penyebab yang gagal, Anda mungkin perlu menerima hal yang tak terelakkan. Bagaimana Anda tahu apakah Anda harus menyerah atau bertahan? Jika jawaban Anda atas pertanyaan berikut adalah “ya,” itu menunjukkan bahwa pertumbuhan akan datang:

  • Apakah bisnis Anda (atau posisi di perusahaan Anda) menempati ceruk yang tidak dihuni?
  • Apakah Anda bermain dengan kekuatan Anda?
  • Berdasarkan jawaban Anda atas dua pertanyaan sebelumnya, apakah Anda memiliki risiko yang benar?
  • Apakah Anda menemukan pekerjaan Anda sulit tapi tidak melemahkan?
  • Apakah Anda mendapatkan momentum?

 

 

 

Diadaptasi dari “Should You Give Up on Your New Dream?” by Whitney Johnson

 

Sumber:  Johnson, W. (2016). Should You Give Up on Your New Dream?. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/01/should-you-give-up-on-your-new-career?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14867698&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=820030585&spReportId=ODIwMDMwNTg1S0.   Retrieved on July 01, 2016.

 

 

Nugroho J. Setiadi
  1. Thanks for nice article sir

  2. Bertahan dalam sebuah bisnis yang baru dirintis cukup berat.

  3. menurut saya, menanyakan diri untuk keyakinan dalam mengambil sebuah langkah juga perlu dalam berbisnis.

  4. Sebenarnya dalam mencapai mimpi dalam berbisnis kita harus terus maju dan apapun yang terjadi jangan menyerah karena kita harus menjadi pribadi yang totalitas jadi jika kita sudah komit pada diri sendiri apapun yang terjadi kita tidak boleh mundur. Jika ada kesulitan atau hambatan kita anggap sebagai tantangan bukan sebagai alasan untuk menyerah begitu saja.

  5. artikel ini sangat inspiratif untuk saya yang sering kali gampang putus asa, dan menyerah pada mimpi saya yang bahkan belum saya coba. semoga dengan artikel ini saya akan lebu percaya diri dan tidak gampang menyerah sebelum mencoba sesuatu