Tugas HRD (Human Resource Development) Dalam Perusahaan

shared by: M Rizqon Akbar (2440072263) and Nugroho J. Setiadi, PhD

LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/nugroho-j-setiadi-8b9b0116/
Google citation index: https://scholar.google.com/citations?user=7kvetHUAAAAJ#%21

HRD (Human Resource Development) merupakan salah satu posisi penting dalam perusahaan yang berhubungan langsung dengan sumber daya manusia bagi perusahaan.  Seorang HRD biasanya akan mendapatkan otoritas tinggi di manajerial perusahaan untuk mengambil kebijakan karyawannya.

Secara rinci, tanggung jawab dan tugas HRD dalam perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Mengelola dan mengembangkan SDM: HRD memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan. Beberapa hal yang dilakukannya diantaranya proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia serta pengembangan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan.
  2. Membuat sistem Human Resource: Membuat berbagai sistem Human Resource dalam perusahaan sehingga seluruh sumber daya dalam perusahaan mampu bekerja secara efektif dan efisien. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat SOP (Standard operating procedure), pembagian job description, berbagai workshop dan training, pengembangan sistem perusahaan, dan lain sebagainya.
  3. Melakukan rekrutmen, promosi dan transfering karyawan: Sebagai bagian personalia, salah satu tugas HRD adalah bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan dalam perusahaan. Proses ini mulai dari mencari calon karyawan, melakukan wawancara kerja hingga seleksi karyawan perusahaan
  4. Pembinaan SDM: Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.

 

Sumber : Tumpi ReadHouse. (2015), Tugas HRD (Human Resource Development) dalam Perusahaan. From : https://tumpi.id/tugas-hrd-human-resource-development-dalam-perusahaan/

Nugroho J Setiadi, PhD