Business, Organization & Architecture

Kondisi pasar baru dan peningkatan produk menuntut jaringan bisnis untuk lebih kolaboratif dengan kontrol yang didelegasikannya. Hal ini lebih untuk UMKM, yang membutuhkan jaringan kolaboratif untuk menangani kompleksitas produk kontemporer yang dimilikinya.

New Business Structures:

  1. Dynamic Partner Selection
  2. Contract-Driven Partnerships
  3. Multi-tier Business Design
  4. Integrating the Three Principles

Business Architecture, menentukan nilai sebuah perusahaan dan hubungannya dengan nilai – nilai perusahaan lainnya, dan faktor yang mendorong perusahaan berkembang. Hal ini berkaitan dengan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk lebih memuaskan pelanggannya, dapat bersaing di pasar, membentuk kerjasama dengan pemasoknya, mempertahankan operasi, dan mensejahterakan karyawannya.

Business Architecture berfungsi untuk menyelaraskan organisasi dengan benar. Business Architecture mengungkapkan bagaimana sebuah organisasi terstruktur dan dapat dengan jelas menunjukkan bagaimana elemen – elemen seperti kapabilitas, proses, organisasi dan informasi cocok satu dengan yang lain.

Pembentukkan Virtual Enterprises

  1. Goal Level
  2. Process Level
  3. Semantic Level
  4. System Level

References:

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Andrew Kusumajati