Hal Penting Dalam Mengelola Projek

Project management merupakan proses perusahaan dalam mengelola berbagai projek mulai dari awal hingga akhir proses secara terstruktur. Dalam dunia bisnis, manajemen proyek dikatakan penting karena dinilai dapat mendorong tercapainya suatu project dan tujuan organisasi dan juga dapat membantu perusahaan dalam mencapai efesiensi dalam mengelola sumber dayanya sehingga menjadi jaminan bagi para pemangku kepentingan.

Dalam prakteknya, ada 4 hal penting yang harus diperhatikan, sebagai berikut :

– Waktu

Setiap project pasti memiliki batas waktu yang telah ditetapkan. Dengan demikian, perusahaan harus bijak dalam mengelola waktu agar tidak melebihi batas waktu.

– Biaya

Selain waktu, juga ada sejumlah biaya yang telah ditetapkan.

– Sumber daya

Sumber daya mencakup orang, alat, fasilitas, dsb yang diperlukan untuk menyelesaikan project.

– Kualitas

Baik itu kualitas produk maupun kualitas proses penting untuk diperhatikan agar project dapat berhasil.

Untuk memastikan semuanya dapat berjalan sesuai rencana, maka diperlukan struktur organisasi project yang berfungsi untuk mengatur project yang akan dijalankan. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar setiap karyawan memahami secara jelas peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Selain struktur organisasi proyek, management pemangku kepentingan juga penting karena berpengaruh pada keberhasilan suatu proyek. Para pemangku kepentingan seperti klien, kompetitor, suppliers, kondisi ekonomi, politik, dll serta anggota-anggota internalnya.

Reference:

https://www.kompasiana.com/amp/nursintavania/5ee9c37ed541df79260e1582/tentang-manajemen-proyek

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Meryana