How Hosting Great Interviews Can Boost Your Recruitment Strategy

Menurut Talent Shortage Survey tahunan ke-10 Manpower, lebih dari sepertiga pemberi kerja di seluruh dunia mengalami kesulitan dalam merekrut semua orang mulai dari pekerja perdagangan terampil hingga eksekutif penjualan, akuntan, pekerja IT, dan staf pendukung kantor. Saat kompetisi untuk kandidat yang berbakat semakin memanas, menjadi tuan rumah wawancara yang hebat menjadi alat rekrutmen yang lebih kuat.

  • WHY ON-SITE INTERVIEWS MATTER

Wawancara melalui telepon, Skype, atau konferensi video lebih umum sekarang daripada sebelumnya, tetapi tidak satupun dari metode tersebut yang membuat wawancara langsung di kantor perusahaan menjadi kurang penting.

  • BEFORE THE INTERVIEW

Pewawancara tahu mereka akan mendapatkan wawancara yang lebih baik, lebih jujur ​​dari kandidat yang merasa santai dan percaya diri, jadi siapkan kandidat sebelumnya.  Beri tahu mereka apa yang dapat mereka harapkan, kepada siapa mereka akan bertemu, dalam urutan apa, dan untuk berapa lama.

  • THE DAY OF

Pagi wawancara besar bisa membuat stres, bahkan untuk eksekutif yang paling berpengalaman sekalipun. Berikan kandidat petunjuk yang jelas untuk sampai ke kantor, parkir, dan informasi apa pun yang mereka perlukan untuk mengakses gedung, sehingga memberikan kesan yang baik kepada para pelamar.

  • AFTER THE INTERVIEW

Jika perusahaan tidak memperpanjang penawaran, perlu diingat bahwa wawancara biasanya merupakan puncak dari jam kerja dan persiapan bagian kandidat, buat garis besar langkah-langkah selanjutnya di akhir wawancara, baik secara lisan atau email dalam 24 jam setelah pertemuan dengan kandidat.

Semua upaya yang di lakukan untuk menjadi tuan rumah wawancara yang hebat tidak akan sia-sia jika perusahaan  tidak bergerak cepat pada kandidat yang ingin Anda tawarkan. Itu membuat wawancara menjadi peluang yang sangat penting bagi pengusaha untuk menjual calon yang menjanjikan pada merek mereka dan menunjukkan apa yang membuat mereka unik.

Reference: https://www.fastcompany.com/3052495/how-hosting-great-interviews-can-boost-your-recruitment-strategy?cid=search

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Ivanka Michelle Andrika