Analisis Business Development Pada Pt CE

Summary

Business Development is the creation of long-term value for an organization for customers, markets, and relationships (Scott Pollack from Forbes, 2012). Can be simplified: All ideas, initiatives, activities to enhance the overall business. Commonly used metric in business development is revenue, expansion, and strategic partnership. Business Development activities cover a variety of departments namely Sales, Marketing, Project Management, Product Management, Vendor Management, Partnerships, networking and cost-saving efforts. Sample case of business development : 1. Sales

  1. Marketing
  2. Strategic Initiatives or Partnership
  3. Project Management / Business Planning
  4. Product Management
  5. Vendor Management
  6. Negotiations, Networking, and Lobbying
  7. Cost Savings

Digital Business Requires a Different Process There are various steps to do business transactions through online. The first step is awareness, education, pricing, contracting, payment, delivery, renewing & extending, and termination. there are 2 types, namely traditional and digital :

  • Traditional

Awareness.         : Events advertising, Account executives, Partners

Education            : Demos, Brochures, Presentations

Pricing                  : Price lists, Discounts, Quotes

Contract               : Negotiations, Terms & conditions, Amendments

Payment               : Purchase orders, Net 45 Accounts Receivable/ Accounts payable

Delivery                : Consulting, partners, months/ quarters

Renew & Extend : Maintenance Go-to-market, Exchange rights, contract Amendments

Termination        : Contract amendment.

  • Digital

Awareness.         : Online only

Education            : Fully productive

Pricing                  : Same for all and promo coupons

Contract               : Standardized one click

Payment               : Credit cards, and paypal

Delivery                : Self-service, 1 email, and 10 mins

Renew & Extend : Self-service, elastic scalling, and personalized content

Termination        : Self-service.

Personal Branding : 1. Use of professional social media – linkedin.      2. Networking

  • What kind of person are you? – Future possibilities
  • Focus on your strength. – Carrer enrichment
  • Credibility

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan usaha dengan menganalisis kegiatan opportunity- seeking dan advantage seeking yang dilakukan oleh PT Century Bearindo International Surabaya dalam strategic entrepreneurship. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripti. Penentuan narasumber dilaksanakan dengan teknik theoretical sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur, dimana kemudian data dianalisis melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan & verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT Century Bearindo International Surabaya mencari peluang dengan menjalankan hubungan baik dengan pelanggan.

Business Development : Pengembangan usaha tersebut dapat dilaksanakan melalui beragam metode pendekatan yang salah satunya adalah strategic entrepreneurship. Metode pengembangan usaha dengan metode strategic entrepreneurship bertujuan untuk dapat menyeimbangkan antara aktivitas pencarian peluang (opportunity-seeking) dan mencari keunggulan (advantage- seeking) pada perusahaan guna menciptakan keunggulan unik yang belum dimiliki oleh perusahaan lain guna untuk bertahan dalam kompetisi persaingan pasar.

Opportunity Seeking  : Kegiatan opportunity seeking atau kegiatan mencari peluang adalah salah satu cara yang dapat dilaksanakan oleh perusahaan untuk mewujutkan strategic entrepreneurship, dimana dapat dilakukan mealui berbagai aktivitas. Berikut penjelasannya.

  1. Kegiatan Segmentasi Pasar
  2. Kegiatan jalur distribusi
  3. Kegiatan membangun hubungan baik dengan pelanggan
  4. Kegiatan menganalisis kompertitor
  5. Melakukan Internasionalisasi
  6. Kegiatan memanfaatkan kondisi teknologi
  7. Melakukan inovasi

Advantage Seeking : Kegiatan advantage seeking merupakan salah satu elemen dari strategic entrepreneurship dimana kegiatan tersebut dapat menciptakan keunggulan dari perusahaan yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan usahanya. Kegiatan advantage seeking dapat di wujudkan melalui beberapa kegiatan, berikut adalah penjelasannya.

  1. Kegiatan Distribusi
  2. Kegiatan sumber daya manusia
  3. Kegiatan system informasi manajemen
  4. Kegiatan sales & promotion
  5. Kegiatan penataan (structuring)
  6. Kegiatan penciptaan dan pemberian nilai

Reference : https://media.neliti.com/media/publications/54315-ID-analisis-business-development-pada-pt-ce.pdf

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Kinanti Putri Wijaya