Social Computing

Komputasi sosial mengacu pada sistem komputasi yang melibatkan interaksi dan perilaku sosial. Ini dilakukan dengan seperangkat alat yang mencakup blog, wiki, layanan jejaring sosial, alat perangkat lunak sosial lainnya, dan pasar sosial.

Sementara sistem komputasi tradisional berkonsentrasi pada proses bisnis, khususnya pemrosesan transaksi dan peningkatan produktivitas, komputasi sosial berkonsentrasi pada peningkatan kolaborasi dan interaksi di antara orang-orang dan pada konten yang dibuat pengguna. Dalam komputasi sosial dan perdagangan, orang-orang bekerja bersama melalui Internet, berkonsultasi dengan spesialis, dan menemukan barang dan jasa yang direkomendasikan oleh teman-teman mereka.

Contoh: Komputasi Sosial Membantu Perjalanan
Kemajuan dalam komputasi sosial memengaruhi operasi dan keputusan perjalanan. Wisatawan dapat berbagi pengalaman perjalanan yang baik atau memperingatkan orang lain tentang pengalaman buruk menggunakan situs seperti tripadvisor.com. Jejaring sosial berorientasi perjalanan khusus seperti WAYN sangat populer di kalangan pelancong. Dalam komputasi sosial, informasi sebagian besar dihasilkan oleh individu dan tersedia untuk semua orang, biasanya gratis.

Dikutip dari

Efraim Turban,David KIng,Jae Lee,Ting-Peng Liang. (2018). Electronic Commerce  A Managerial And Social Networks Perspective, Springer International Publishing AG

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD