Tim penjualan Anda harus membantu menerapkan strategi Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Seringkali, alasan strategi perusahaan gagal adalah tenaga penjualannya hanya berfokus pada kuota dan target, mengabaikan strategi menyeluruh perusahaan. Jika Anda ingin strategi Anda diterapkan oleh tim penjualan Anda, Anda harus memastikan tiga hal sedang terjadi:

  • Tenaga penjualan Anda menargetkan orang yang tepat. Sudah biasa bagi tim penjualan untuk mengejar kesepakatan yang mudah, mengabaikan profil klien yang ideal. Pastikan tim penjualan Anda berfokus pada organisasi yang ingin dipasarkan, dan bersikap tegas terhadap harapan Anda.
  • Jika strategi Anda berubah, tenaga penjualan Anda juga melakukannya. Profesional penjualan perlu melepaskan diri dari pendekatan lama dan menentukan cara terbaik untuk menyesuaikan teknik pemasaran mereka dengan strategi perusahaan yang baru.
  • Tim penjualan Anda berfokus pada kebutuhan klien. Alih-alih pitching sekolah lama, penjual perlu melakukan percakapan yang lebih dalam dengan klien mengenai tujuan mereka dan memberikan wawasan tentang bagaimana perusahaan dapat membantu.

Diadaptasi dari  “How to Get Your Salespeople to Execute Your Strategy,” by Scott Edinger

 

Sumber: Edinger, S. (2016). How to Get Your Salespeople to Execute Your Strategy. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/03/how-to-get-your-salespeople-to-execute-your-strategy?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14904584&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=820436181&spReportId=ODIwNDM2MTgxS0.   Retrieved on July 7, 2016.

Nugroho J. Setiadi
  1. Terima kasih, saya mendapat pengalaman berharga didalamnya

  2. Tim penjualan selain harus membantu menerapkan straregi, tim juga harus memberikan ide ide mengenai strategi penjualan. Tim yang langsung bertemu dengan klien pasti tau apa yang klien inginkan, maka dari itu pemasaran akan berjalan lancar jika tim menggunakan strategi yang sesuai dan menarik.

  3. Tim penjualan selain harus membantu menerapkan straregi, tim juga harus memberikan ide ide mengenai strategi penjualan. Tim penjualan langsung bertemu dengan klien, sehingga mereka mampu memahami keinginan klien tersebut. Strategi dari penjualan bukan hanya berfokus pada klien tetapi juga harus menarik.

  4. Saya sependapat bahwa dalam menjalankan usaha menjual kita harus selalu menerapkan strategi yang tepat agar dalam menjalankan usaha tidak terjadi hal yang tidak diinginkan