EFFECTIVE PROJECT MANAGEMENT (Part 1)

Perkembangan industri maupun perusahaan didunia semakin pesat dan kompleks dengan dukungan era digital yang menyajikan aksesibilitas yang sangat tinggi dalam bidang bisnis. Oleh sebab itu, berbagai industri dan perusahaan memerlukan seorang pemimpin atau manager yang memenuhi kriteria untuk mengarahkan operasional bisnis tersebut. Dalam suatu industri atau perusahaan, tidak hanya terpaku pada hal sasaran keuntungan saja akan tetapi terdapat pemenuhan target yang berhubungan dengan project.

Menurut Schwalbe yang diterjemahkan oleh Dimyati & Nurjaman (2014), menjelaskan bahwa proyek adalah usaha yang bersifat sementara untuk menghasilkan produk atau layanan yang unik. Pada umumnya, proyek melibatkan beberapa orang yang saling berhubungan aktivitasnya dan sponsor utama proyek biasanya tertarik dalam penggunaan sumber daya yang efektif untuk menyelesaikan proyek secara efisien dan tepat waktu.

Sedangkan, menurut Nurhayati (2010) menjelaskan bahwa sebuah proyek dapat diartikan sebagai upaya atau aktivitas yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan, sasaran dan harapan-harapan penting dengan menggunakan anggaran dana serta sumber daya yang tersedia, yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Secara garis besar, project diartikan sebagai sebuah tugas besar untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang dalam prosesnya membutuhakan seorang leader selaku manager pada umunnya yang kompeten dengan memiliki pengalaman, pengetahuan dan implementasi yang tepat secara efektif.

Pentingnya peran seorang manager dalam pengelolaan project secara efektif menjadi dasar topik menarik yang disadari oleh Business Management Laboratory (BML) dalam membagikan pengetahuan dan wawasan lebih kepada para mahasiswa/I BINUS University tertutama yang relevan dengan program studi bisnis. Oleh sebab itu, kami melaksanakan international lecture secara khusus dengan mengundang pembicara dan praktisi handal dalam bidang project management yaitu Mr. Mancheri Viswanath selaku General Manager of PT MHE Demag, Jebsen & Jessen Indonesia Group dengan target sasaran peserta yaitu mahasiswa/I BINUS @Bekasi, hal ini dilandasi oleh backgroup program studi yang dikembangkan dan lahir dari BINUS @Bekasi diantaranya yaitu Business Management dan Business Information Technology (BIT).