Apa Itu Service-oriented architecture (SOA)

Apa Itu Service-oriented architecture (SOA)

Arsitektur teknis yang digunakan untuk membangun layanan web secara resmi dikenal sebagai service-oriented architecture. Ini adalah pengaturan proses perangkat lunak atau agen yang berkomunikasi satu sama lain untuk memberikan persyaratan bisnis. Peran utama layanan dalam SOA adalah menyediakan fungsionalitas. Ini disediakan oleh tiga karakteristik:

  1. Antarmuka dengan layanan yang platform-independen (tidak tergantung pada jenis perangkat lunak atau perangkat keras tertentu). Antarmuka dapat diakses melalui pendekatan pengembangan aplikasi seperti Microsoft.Net atau Java dan diakses melalui protokol seperti SOAP (Simple Object Access Protocol) yang digunakan untuk pesan berformat XML.
  2. Layanan dapat berlokasi secara dinamis dan dipanggil. Satu layanan dapat meminta keberadaan layanan lain melalui direktori layanan – misalnya, layanan e-commerce dapat menanyakan keberadaan layanan otorisasi kartu kredit.
  3. Layanan mandiri. Artinya, layanan tidak dapat dipengaruhi oleh layanan lain; melainkan akan mengembalikan hasil yang diminta ke permintaan dari layanan lain, tetapi tidak akan ubah status. Dalam layanan web, messages dan data biasanya dipertukarkan di antaranya layanan menggunakan XML

Dikutip dari

Chaffey, Dave – Digital Business and E-commerce Management Strategy, Implementation And Practice-Pearson Education Limited (2015)

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD