Berikan penghargaan yang jujur dan tulus.

by: Yohan Hubert Sinata (2001539133); Jason Geordie (2001551542); Yang Yang Andro (2001606466)

Setiap karyawan ingin merasa penting di suatu perusahaan atau organisasi. Seorang manager hendaknya mengapresiasi karyawannya yang bekerja baik dan memiliki kinerja yang tinggi dengan cara memberikan penghargaan dengan penilaian yang tulus dan adil sehingga bagi karyawan yang sudah memberikan kinerja terbaiknya akan dengan semangat untuk mempertahankan kinerjanya tersebut dengan konsisten atau bahkan meningkat.

Cara yang bisa dilakukan manager untuk bersikap adil pada bawahan:

  1. Hindari sikap pilih kasih. Sebagai seorang manager harus menghindari sikap pilih kasih terhadap bawahannya hal tersebut diperlukan agar tidak ada rasa benci dari karyawan lain kepada karyawan yang mendapatkan perhatian lebih dari manager.
  2. Promosi sesuai kemampuan. Memberikan kenaikan jabatan kepada bawahannya berdasarkan kemampuannya dalam bekerja bukan karena hubungan personal, sehingga masih terbuka kesempatan bagi karyawan lain untuk mendapatkan promosi jabatan tersebut. Mungkin saja promosi itu akan dianggap tidak adil oleh pekerja lainnya, manakala ia merasa lebih berkualitas dari pada karyawan tersebut.
  3. Memberi kesempatan yang sama. Jika ada lowongan untuk jabatan tertentu maka setiap karyawan berhak mendapatkan informasi tersebut. Jangan sampai informasi tersebut hanya diberitahukan kepada sebagian orang saja, karena semua pekerja harus memiliki kesempatan yang sama.

 

Sumber: 

Dale Carnegie (in  Wulandari A., 2015). 7 Cara Bisa Dilakukan Manajer Untuk Bersikap Adil Pada Bawahan. From:   https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://m.bisnis.com/amp/read/20150420/219/424771/7-cara-bisa-dilakukan-manajer-untuk-bersikap-adil-pada-bawahan&ved=2ahUKEwj7kJLa4pjbAhWJf30KHR62AJMQFjABegQIBxAB&usg=AOvVaw1hx5w3X_2_Of-Au5Tu9fnX&ampcf=1 , received on May 11, 2018.

Yohan Hubert Sinata (2001539133); Jason Geordie (2001551542); Yang Yang Andro (2001606466)
  1. Sifat adil yang diberikan oleh atasan kepada bawahan memang harus dijunjung dengan tinggi. jikalau sifat adil di nomor duakan maka saya yakin akan terjadi konflik antar karyawan.

  2. Dengan article yang ada di atas, saya setuju dimana harusnya ada penghargaan yang jujur dan tulus kepada karyawan yang dapat mencapai keberhasilan. Karena saat adanya apresiasi yang diberikan, karyawan tersebut merasa dihargai dan akan memberikan yang lebih lagi dan dapat memberikan kemajuan untuk perusahaan.

  3. sikap yang jujur memang sulit dicari pada masa sekarang ini, saya setuju dengan artikel diatas dimana dikatakan berikan penghargaan terhadap orang yang jujur serta tulus karena dengan adanya pemberian penghargaan dapat memacu semangat si karyawan lain untuk meningkatkan kinerjanya, serta bisa meningkatkan profit siperusahaan

  4. Hal paling utama sebagai manajer adalah keadilan. Penilaian dan penghargaan memang sudah seharusnya didasarkan pada keadilan dan tidak boleh objektif atau membedakan. Setiap karyawan memiliki kemampuan sendiri-sendiri maka dari itu kita juga harus saling menghargai hasil kerja antar satu sama lain.

  5. Sebagai seorang pemimpin memang harus bersifat adil tidak boleh pilih kasih atau membeda-bedakan antar karyawan. Maka dari itu sebagai seorang pemimpin memang harus memberikan penghargaan terhadap prestasinya

  6. penghargaan yang diberikan untuk karyawan dapat meningkatkan semanagt mereka dalam bekerja, agar kinerja dia kedepan lebih bagus dari kinerja sebelumya.

  7. penghargaan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang mempunyai hasil kerja yang bagus itu akan menambahkan semangat kerja karyawan agar menjadi lebih baik .

  8. saya setuju dengan cara diatas yg menjadikan seorang pemimpin bersikap adil

  9. Penghargaan memang sebaiknya diberikan kepada orang-orang yang berhak atas itu . Pemimpin juga harus memberikan penghargaan yang pantas . Memberikan suatu penghargaan kepada bawahan akan membuat bawahan menjadi merasa pekerjaan nya dihargai oleh atasan nya sehingga ia akan termotivasi untuk bekerja lebih giat .

  10. saya setuju dengan cara2 di atas selain itu juga memotivasi karyawan untuk lebih bekerja keras dan membuat karyawan bekerja dengan suatu tujuan yang ingin di capai oleh karyawan tersebut