Peralihan dari Transaksi Perbankan menuju Fintech 

Dewasa initeknologi merupakan aspek yang sangat mempengaruhi kehidupan manusiaPemanfaatan teknologi meliputi hampir seluruh aspek kehidupan manusiatidak terkecuali dalam bidang keuanganBukti dari keterlibatan teknologi dalam bidang keuangan adalah munculnya berbagai produk fintechdiantaranya OVO, Go-Pay, Dana, dan lain – lain. Kehadiran produk – produk ini mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan. Hal ini didukung dengan adanya berbagai macam promo, seperti cashback, discount, dan berbagai promo lainnya. 

Munculnya Fintech mengakibatkan mulai tergusurnya transaksi yang melibatkan jasa keuangan perbankan. Masyarakat lebih memilih untuk menggunakan produk – produk Fintech tersebut dibandingkan dengan produk – produk bank, seperti kartu debit dan kartu kredit. Bank Indonesia juga mengakui adanya fenomena tersebutDirektur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta menilai bahwa adanya peningkatan nilai transaksi yang melibatkan Fintech dapat meningkatkan perekonomian nasional. Para debitur dapat memperoleh pinjaman tanpa angunan dengan syarat dan proses pencairan yang cepat melalui layanan pinjaman FintechAkibatnyasiklus perputaran uang menjadi lebih cepat dan perekonomian negara meningkat 

Timbulnya Fintech tentu saja mempermudah kehidupan masyarakatTetapi di sisi lainFintech juga menimbulkan adanya peralihan cara transaksi. Masyarakat yang tadinya memilih bertransaksi dengan memanfaatkan jasa perbankankini lebih memilih untuk bertransaksi dengan menggunakan produk – produk FintechFenomena ini didukung dengan adanya pertambahan persentase pengguna Fintech yang semula hanya 12% kini menjadi 23%. Akibatnyajumlah transaksi yang melibatkan jasa perbankan menjadi turun. 

Peralihan transaksi perbankan menuju Fintech dipengaruhi oleh beberapa faktorFaktor yang paling berpengaruh kepada peralihan tersebut adalah jumlah permintaan dari masyarakatPermintaan masyarakat akan penggunaan Fintech semakin meningkat. Hal  tersebut  disebabkan  oleh kebutuhan  masyarakat  akan kemudahan  dalam bertransaksi menggunakan teknologi yang telah menjadi budaya di era digital iniSelain  oleh kebutuhan  masyarakatperubahan pola pikir masyarakat juga mempengaruhi pertumbuhan Fintech itu sendiri. Masyarakat  telah memiliki pola pikir untuk tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang banyakBanyaknya promo yang  ditawarkan oleh Fintech juga semakin menambah minat masyarakat untuk menyimpan dana di dalam produk – produk Fintech yang ada. 

Selain itupenggunaan aplikasi Fintech dinilai lebih mudah dan praktis dibandingkan penggunaan aplikasi perbankan yang ada di smartphoneAplikasi perbankan seperti m-banking biasanya digunakan pengguna untuk top-up saldo di aplikasi FintechKeuntungan yang diperoleh Fintech adalah adanya kerjasama dengan pihak perbankan sehingga top-up bisa dilakukan melalui banyak cara dan melalui berbagai macam bank dengan cara yang mudah dan praktisSedangkan penggunaan aplikasi perbankan hanya terbatas pada single platform sajaDitambah lagi promo yang ditawarkan oleh Fintech lebih menarik bagi masyarakat dibandingkan perbankan yang jarang memberikan promo. Akhirnyamasyarakat pun beralih dari produk perbankan kepada Fintech. 

Dalam menghadapi permasalahan tersebutpihak perbankan harus mempersiapkan diri dan mencoba untuk mencari solusi agar produk perbankan tetap digunakan dan tidak ditinggalkan begitu saja oleh masyarakatSistem pembayaran melalui produk Fintech yang telah ada saat ini di Indonesia juga masih memiliki kekuranganKekurangan yang paling dirasakan yaitu melalui sistem cashback dan promo yang ditawarkan yang membuat masyarakat memiliki  pola pikir untuk terus menghabiskan uang dan perlahan melupakan kebiasaan untuk menabung di bank. Oleh karena itupihak perbankan tidak bisa hanya mengikuti arus Fintech sekarang iniPihak perbankan harus memulai inovasi ke arah Fintech namun tetap membangun kebiasaan dan pola pikir yang baik untuk menggunakan uangSehingga ada keunggulan dalam produk Fintech yang akan dikeluarkan oleh pihak perbankan dan dapat menarik perhatian masyarakat nantinya. 

Berdasarkan pembahasan di atasdapat disimpulkan bahwa meningkatnya pengguna Fintech dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan akan transaksi dengan menggunakan produk – produk Fintech tersebutKemudahan yang disediakan oleh Fintech dan promo – promo menarik memiliki pengaruh yang besar dalam FintechSelain ituperubahan pola pikir masyarakat juga mempengaruhi jumlah permintaan akan transaksi yang memanfaatkan Fintech. Hal-hal  tersebutlah  yang memengaruhi peningkatan permintaan Fintech dalam era digital saat ini.  Namun pihak  perbankan  tidak boleh hanya mengikuti perkembangan produk Fintech yang ada saat ini melainkan perbankan harus memulai inovasi ke arah Fintech yang memiliki keunggulan dibandingan produk-produk  yang telah ada  dan tentunya  membangun pola pikir dan kebiasaan yang lebih baik dalam masyarakat. 

Penulis: Helena Gracia (2301937665); Michelle Angelia  (2301937671); Raulitha Febyola (2301937740)

 

Dr. Hendry Hartono SE., MM.