Sosial Media dan Remaja

Oleh: Angtyasti Jiwasiddi

Pengaruh sosial media terhadap remaja merupakan sesuatu yang cukup penting , bukan hanya karena mereka merupakan kelompok yang masih rawan secara kematangan mental, namun juga karena mereka merupakan pengguna sosial media terbesar, berdasarkan salah satu survey di Amerika 65% pengguna jejaring sosial adalah remaja, dengan sosial media utama mereka adalah facebook.

Meskipun sosial media memiliki cukup banyak manfaat namun terdapat beberapa resiko yang tidak dapat dihindarkan dengan adanya sosila media, diantaranya adalah depresi, sexting (berkirim pesan seputar kegiatan seksual), dan cyberbullying.

Hal – hal seperti cyberbullying, pesan – pesan bernada negatif juga kerap kali berputar di dunia sosial media, hal – hal ini turut membawa pengaruh yang buruk bagi perkembangan anak, meskipun hal ini berbeda bagi setiap anak namun tetap harus diperhatikan dan diwaspadai secara serius. Dengan demikian telah menjadi tugas orang tua, dan tugas masyarakat bersama, agar media sosial tetap menjadi media yang sehat dan aman untuk berinteraksi.

Referensi:

https://www.huffingtonpost.com/suren-ramasubbu/influence-of-social-media-on-teenagers_b_7427740.html

  1. Jika membahas sosial media sukit untuk jauh dari kata negatif,Mengapa? Karena walaupun kita menjauhi hal hal negatif tersebut tetap saja hal hal negatif itu datang dengan gampangnya tanpa kita cari, contohnya sepertu iklan iklan negatif yg bisa muncul secara cuma cuma. Maka dari itu peran orang tua sangat sangat penting dalam hal ini. Dan salah satu cara yang paling efektif adalah meminimalisir menggunakan media sosial tersebut.