Pengaruh Ransomware Terhadap E-Commerce (part 2)

Dampak Ransomware Terhadap Dunia E-Commerce

Dampak terburuk yang dapat terjadi kepada pemilik e-commerce adalah downtime, yang menyebabkan e-commerce tidak dapat diakses selama data belum dikembalikan. Keadaan seperti ini jika terjadi terus menerus dapat mengakibatkan matinya e-commerce. Bisnis yang terjangkit Ransomware juga dapat mengalami reputasi yang telah dibangun, karena akan dinilai memiliki sistem keamaan yang rendah sehingga menurunkan kepercayaan konsumen.

Ransomware yang telah menyerang e-commerce akan mendapatkan data-data penting perusahaan, termasuk data pribadi customer, sehingga melanggar privasi pelanggan. Selain itu, jika korban memilih untuk membayar uang tebusan, tidak ada jaminan pula jika penyerang akan mengembalikan data, sehingga memungkinkan terjadinya tindak pemerasan. Memang butuh waktu, tenaga, dan uang yang tidak sedikit untuk menangani Ransomware ini.

Bisnis online merupakan target yang empuk untuk diserang Ransomware, karena pada umumnya bisnis online memiliki kesadaran yang kurang akan serangan cyber. Kurangnya kesadaran ini sangat berbahaya mengingat kegiatan operasional bisnis online yang sangat tergantung pada perangkat elektronik yang terhubung pada jaringan internet. Cara kerja para hacker sangatlah halus sehingga tidak mudah diketahui oleh korbannya. Para hacker ini dapat masuk ke perangkat mobile, dan meretas akun korban ketika sedang melakukan transaksi menggunakan mobile phone atau internet banking.

E-Commerce sebaiknya mengikuti langkah-langkah yang disarankan untuk mencegah adanya penyebaran malware ini. Dengan meng-update software mereka, kemungkinan terserang Ransomware akan berkurang. Selain itu penting juga untuk melakukan back up data pada media penyimpanan yang berbeda-beda, menonaktifkan sementara sistem , wipe sistem, dan melakukan restorasi ulang.

Semoga dengan adanya isu Ransomware ini, tidak merubah pandangan masyarakat terhadap dunia digital terutama e-commerce, karena bagaimanapun juga dengan adanya dunia digital dan segala kemudahan yang ditawarkannya, kualitas hidup manusia lebih meningkat.

Angtyasti Jiwasiddi