Sidang Doktoral ke-26 DRM BINUS UNIVERSITY: Sumbangsih Siswono Bagi Dunia Pendidikan Indonesia

Selasa (24/05), Doctor of Research in Management (DRM) BINUS UNIVERSITY, kembali mengadakan sidang terbuka promosi Doktor, yang bertempat di Aula Lantai 8, Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY. Dimana pada hari itu, terdapat 2 orang mahasiswa yang lulus dengan menyandang gelar Doktor. Salah satunya adalah Siswono.

Disertasinya yang berjudul “Pengaruh Adopsi SI dan Kapabilitas SI Terhadap Inovasi SI dan Perencanaan Strategis SI Serta Implikasinya Terhadap Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi Swasta (PTS)” ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pertumbuhan perguruan tinggi di Indonesia yang menyebabkan persaingan semakin tinggi. Pada sisi lain, para peneliti mengatakan penggunaan sistem informasi dinilai mampu meningkatkan keunggulan bersaing bagi organisasi.

Hasil penelitian yang dilakukan Siswono menunjukkan, bahwa Adopsi SI tidak memberikan pengaruh langsung terhadap Keunggulan Bersaing PTS, namun dapat memberikan pengaruh apabila diperkuat dengan Inovasi SI dan Perencanaan Strategis SI. Variabel Kapabilitas SI, Inovasi SI dan Perencanaan Strategis SI memberikan pengaruh terhadap Keunggulan Bersaing PTS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Inovasi SI menjadi faktor utama dalam menciptakan Keunggulan Bersaing PTS.

Selama menjalani penelitian tersebut, Siswono mengaku bahwa ia harus dapat mengatur waktu dengan baik dan fokus agar dapat menyelesaikan penelitian dengan baik. Tentunya hal tersebut merupakan faktor penting agar dapat menyelesaikan S3.

“Saya berharap bisa menghasilkan penelitian-penelitian yang lain yang bisa berguna bagi masyarakat,” ucap Siswono. (MEL)