Inagurasi Mahasiswa dari Doctor of Research in Management (DRM) dan Doctor of Computer Science (DCS)

Dalam era globalisasi yang berkembang dengan cukup pesat, telah merubah dunia dalam berbagai aspek kehidupan manusia terutama di bidang pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari orang-orang yang berkualitas dan berkesungguhan karena untuk menjadi seseorang yang memiliki gelar doktor itu bukanlah hal yang sangat mudah. Sebagai doktor, bukan hanya ‘ilmu dan ilmiahnya’ saja, tetapi kata ‘kepantasan’ merupakan bagian dari membentuk seorang doktor yang berguna dan berkualitas.

Pada hari Sabtu (20/02), bertempat di Aula Lantai 8, Kampus Anggrek,  Program Doctoral BINUS UNIVERSITY kembali mengadakan acara Inauguration of  BINUS GRADUATE PROGRAM (BGP) di bidang Doctor of Research in Management (DRM) dan Doctor of Computer Science (DCS). Acara Inagurasi yang dihadiri oleh 13 orang dari DRM dan 8 orang dari DCS, diselenggarakan dalam rangka memberikan penyambutan dan pengarahan outline pembelajaran untuk mahasiswa baru program S3 baik DRM maupun DCS.

Tujuan dari acara inagurasi adalah menyamakan persepsi dan memberikan motivasi awal karena perjalanan sebagai mahasiswa doctoral itu sangat panjang, bisa mencapai 3 tahun hingga 5 tahun. Selain itu, dengan adanya acara ini, BGP memberikan gambaran secara menyeluruh kepada mahasiswa dengan mengundang dosen dari program DRM dan DCS serta mengundang guest speaker untuk memberikan pemahaman awal mengenai kondisi Indonesia secara makro.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan seperti pemberian sambutan dari Prof. Dr. Gerardus Polla, M.App.Sc (Director of BINUS GRADUATE PROGRAM), pemberian sambutan dari Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM (Rektor BINUS UNIVERSITY), pelantikan dengan menggunakan almamater sebagai simbolis penerimaan secara resmi, penyerahan beasiswa, pembahasan kuliah umum untuk DRM oleh Dr. Will Hickey (guest lecture), dan sosialisasi dari Layanan Mahasiswa, Library & Knowledge Center, dan IT Support Department tentang penggunaan WIFI gratis.

Penyerahan program Beasiswa itu sendiri diberikan kepada dua mahasiswa doctoral yaitu Nelly, S.Kom., MM., Vice Rector Academic Operation & Resources dan Karto Iskandar, S.Kom, M.M., Knowledge System Manager. Nelly selaku mahasiswa DRM dengan peminatan Strategy & Growth merasa sangat senang dan bersyukur serta memiliki rasa tanggung jawab penuh terhadap penerimaan Beasiswa sehingga beliau harus menyelesaikan program ini dengan sebaik-baiknya. Harapan besar beliau dapat menambah wawasan luas, pengalaman, dapat sharing dan belajar bersama sehingga peserta lainnya bisa mendapatkan program beasiswa seperti beliau.

Hal serupa dirasakan oleh Karto selaku mahasiswa DCS, yang juga merupakan dosen di Computer Science serta sejalur dengan program S1-nya. Beliau mengucap syukur, berterima-kasih, dan merasa senang dengan penerimaan beasiswa di mana seleksi ini berlangsung cukup lama. “Saya juga harus memberikan timbal balik dengan bertanggung jawab dan bekerja dengan benar.” tutur Karto. Beliau mengharapkan bahwa ia dapat menjalankan program beasiswa dengan baik dan lulus tepat waktu, dan program ini bisa berlanjut untuk adik-adik mahasiswa juniornya. Tidak lupa Karto memberikan motivasi bahwa “Belajar terus-menerus, karena hidup itu untuk belajar. Jangan sampai kita berhenti belajar karena dengan belajar dapat memajukan kehidupan bangsa.”

Dengan hadirnya bapak Ir. Bernard Gunawan selaku Ketua Yayasan BINA NUSANTARA memberikan pesan kepada mahasiswa bahwa BINUS memberikan perhatian penuh pada program doctoral, mengundang public lecture dari Prof Will Hickey membahas adanya perspektif makro dan perspektif strategis agar mahasiswa juga mengerti isu-isu terkemuka di mana hal itu menjadi perhatian orang dan hal apa saja yang bisa dijadikan sebagai penelitian untuk ikut membantu kontribusi.

Selain itu, Prof. Dr. Mts. Arief, CPM selaku Head of Doctor in Research Management (DRM) Program berharap supaya mereka juga dapat melihat keseriusan BINUS dalam menjalankan program ini. “Istilahnya setelah mendaftar program tersebut, setelah itu mereka belajar sendiri, meneliti sendiri, yang bisa survive ya survive, yang tidak bisa akhirnya tidak selesai atau di drop out,” sebut Prof. Arief.

Dengan diadakan acara seperti ini, mereka bisa mendapatkan keyakinan, motivasi dan percaya diri karena semua fasilitas sudah disediakan oleh BINUS, kembali lagi kepada mereka sendiri, apakah mereka bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk studinya. “Mereka juga bisa melihat sendiri, bahkan sampai ketua yayasan, rektornya, dan semuanya hadir memberikan dukungan. Jadi semua itu kembali lagi pada mereka.” tutur Ketua DRM, Prof. Arief. (WW)