Karyawan yang percaya pada organisasi mereka menunjukkan keterlibatan, kreativitas, dan produktivitas yang lebih tinggi. Mereka yang tidak mengalami lebih banyak stres, peningkatan kelelahan, dan lebih mungkin untuk berhenti. Oleh karena itu, membangun kepercayaan merupakan keharusan penting bagi setiap pemimpin yang ingin menciptakan tim berkinerja tinggi (Friedman, 2024).

Diskusi tentang menumbuhkan kepercayaan di tempat kerja sering kali berfokus pada hubungan antara manajer dan karyawan. Meskipun bermanfaat, pendekatan ini hanya mewakili setengah dari persamaan. Yang tak kalah pentingnya – jika tidak lebih – adalah membangun kepercayaan antara rekan satu tim. Bagaimanapun, sebagian besar karyawan bekerja dalam tim, dan sebagian besar pengalaman harian mereka melibatkan interaksi dengan rekan kerja, seringkali tanpa kehadiran atasan.

Jadi, bagaimana tim terbaik membangun kepercayaan di antara mereka sendiri?

Untuk mengetahuinya, tim di sebuah lembaga riset mensurvei 1.000 pekerja kantoran yang berbasis di AS. Tujuannya adalah untuk menunjukkan perilaku yang membedakan tim berkinerja tinggi dan memahami apa yang dapat dipelajari dari pendekatan mereka.

Para peneliti mengidentifikasi anggota tim berkinerja tinggi dengan cara mengundang responden untuk menyelesaikan survei tentang sikap, pengalaman, dan perilaku mereka di tempat kerja. Kuesioner tersebut meminta pekerja untuk: 1) menilai efektivitas tim mereka, dan 2) membandingkan kinerja tim mereka dengan tim lain di industri mereka. Pekerja yang menilai tim mereka dengan skor sempurna pada kedua item tersebut ditetapkan sebagai anggota tim berkinerja tinggi. Ini memungkinkan peneliti untuk membandingkan perilaku mereka dengan perilaku orang lain.

Penelitian ini menemukan bahwa tim berkinerja tinggi sangat jarang; hanya sedikit responden yang memberi tim mereka skor kualifikasi. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi lima perilaku utama terkait kepercayaan yang membedakan tim-tim ini.

Tim Berkinerja Tinggi Tidak Menyerahkan Kolaborasi pada Kebetulan

Ketika memulai proyek, banyak tim mengikuti pola yang dapat diprediksi: Mereka menetapkan tugas dan mulai bekerja. Tim berkinerja tinggi, di sisi lain, lebih mungkin untuk memulai dengan terlebih dahulu mendiskusikan bagaimana mereka akan bekerja bersama. Hal ini membuka jalan untuk lebih sedikit kesalahpahaman dan kolaborasi yang lebih lancar di masa mendatang.

Lalu, bagaimana caranya melakukan diskusi tentang kolaborasi? Ada beberapa petunjuk yang dapat digunakan rekan satu tim untuk melakukan “Percakapan Keystone” sebelum memulai proyek. Rekan kerja bergiliran berbagi: 1) tugas yang mereka kuasai, 2) preferensi komunikasi mereka, dan 3) pengalaman kolaborasi masa lalu mereka, baik yang sukses maupun tidak (Gambill, 2022).

Lebih penting lagi, disarankan untuk secara proaktif menciptakan strategi untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul selama kolaborasi. Ini bisa dilakukan dengan mengajak anggota tim untuk menyusun rencana untuk menangani gangguan kolaborasi.

Pada akhirnya, yang terpenting adalah terlibat dalam dialog tentang bagaimana tim akan bekerja bersama. Melakukan hal itu berkontribusi pada kepercayaan dengan cara saling menghormati kekuatan dan preferensi satu sama lain, mencapai kesepakatan tentang proses, dan mendorong anggota tim untuk angkat bicara ketika mereka melihat peluang untuk perbaikan.

Tim Berkinerja Tinggi Membuat Rekan Kerja Tetap Terhubung

Faktor lain yang membedakan tim berkinerja tinggi adalah kecenderungan mereka untuk secara proaktif berbagi informasi. Transparansi yang lebih besar tidak hanya mendorong kepercayaan, tetapi juga terbukti mendorong kreativitas, kinerja, dan profitabilitas. Sebaliknya, ketika rekan kerja menyembunyikan informasi dari rekan satu tim mereka, sering kali ada masalah yang lebih dalam.

Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa anggota tim berkinerja tinggi secara signifikan lebih mungkin untuk bertanggung jawab memberi tahu orang lain daripada mengharapkan manajer untuk melakukannya. Dengan kata lain, mereka tidak hanya menghindari menimbun informasi, tetapi juga berusaha keras untuk membuat rekan kerja tetap mengetahui informasi terbaru. Hal ini menciptakan budaya inklusi.

Tim Berkinerja Tinggi Berbagi Penghargaan

Mendapat pujian untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik tidak hanya bermanfaat, tetapi juga berisi kesempatan membangun tim yang penting. Tim berkinerja tinggi sering memanfaatkan kesempatan ini.

Alih-alih menyerap pujian sendirian, anggota tim berkinerja tinggi lebih cenderung berbagi pengakuan atas pencapaian mereka dengan rekan satu tim. Mereka mengakui atau berterima kasih kepada mereka yang berperan dalam kesuksesan mereka. Dengan melakukan itu, mereka meningkatkan kemungkinan rekan kerja mereka merasa dihargai dan mempromosikan norma timbal balik. Ini semua berkontribusi pada pengalaman kepercayaan.

Tim Berkinerja Tinggi Menerima Perbedaan Pendapat

Beberapa tahun yang lalu, seorang psikolog memperhatikan sesuatu yang aneh tentang pernikahan yang bahagia: pasangan yang bahagia ternyata lebih sering bertengkar daripada pasangan yang tidak bahagia. Penelitian ini mengungkapkan bahwa yang lebih penting daripada jumlah perselisihan adalah cara pasangan mengatasinya.

Pasangan yang bahagia melakukan berbagai hal yang membuat perselisihan mereka lebih produktif. Mereka menghindari kata-kata makian dan sarkasme, fokus pada apa yang mereka butuhkan daripada kegagalan pasangan mereka, dan menggunakan pernyataan “aku” untuk berkomunikasi dengan cara yang membuat pasangan mereka tidak terlalu defensif.

Seperti pernikahan yang bahagia, tim berkinerja tinggi tidak mengalami lebih sedikit konflik. Perbedaannya terletak pada cara mereka menafsirkan dan menanggapi ketidaksepakatan.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa tim berkinerja tinggi lebih cenderung percaya bahwa ketidaksepakatan di tempat kerja mengarah pada keputusan yang lebih baik (dibandingkan dengan merusak hubungan). Mereka juga menilai rekan satu tim mereka lebih efektif dalam mencegah ketidaksepakatan menjadi pribadi.

Kedua pengamatan ini kemungkinan terkait. Ketidaksepakatan di tempat kerja dapat dianggap sebagai peluang atau ancaman, dan interpretasi kita memengaruhi cara kita merespons. Di antara tim berkinerja tinggi, memandang konflik sebagai sumber kekuatan membuat ketidaksepakatan kurang mengerikan, sehingga mengurangi frekuensi rekan kerja yang menyerang.

Tim Berkinerja Tinggi Secara Proaktif Mengatasi Ketegangan

Anggota tim berkinerja tinggi tidak hanya menafsirkan konflik dengan lebih adaptif – mereka juga lebih cenderung proaktif dalam menyelesaikannya. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa mereka lebih tertarik untuk “mendengar jika mereka membuat kesal rekan satu tim,” dan lebih bersedia untuk secara proaktif menjangkau jika “ada yang tidak terasa benar antara saya dan rekan satu tim.”

Kedua respons mencerminkan kecenderungan yang lebih luas di antara tim berkinerja tinggi untuk menganut pola pikir berkembang ketika datang ke hubungan rekan kerja. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan cara orang sukses menanggapi kemunduran: dengan percaya bahwa hasil dapat ditingkatkan melalui upaya, pembelajaran, dan ketekunan.

Anggota tim berkinerja tinggi memiliki perspektif serupa ketika datang ke hubungan tempat kerja. Dalam survei ini, mereka secara signifikan lebih mungkin untuk setuju dengan pernyataan “bahkan hubungan kerja terbaik pun memiliki pasang surut,” dan “kebanyakan hubungan kerja dapat rusak dan diperbaiki.”

Dengan kata lain, mereka percaya bahwa ketegangan bersifat sementara dan, dengan sedikit usaha, hubungan yang sulit dapat diselamatkan. Pandangan itu membuat mereka lebih cenderung mengambil tindakan saat sesekali terjadi keretakan dalam hubungan.

Kesimpulan

Membangun kepercayaan merupakan keharusan penting bagi setiap pemimpin yang ingin menciptakan tim berkinerja tinggi. Tim yang berkinerja tinggi tidak hanya memiliki anggota yang berkinerja tinggi, tetapi juga memiliki anggota yang saling percaya dan bekerja sama dengan baik. Dengan membangun kepercayaan, tim dapat mencapai hal-hal yang luar biasa.

Referensi

Friedman, R. (2024, January 10). How High-Performing Teams Build Trust. Harvard Business Review.

Gambill, T. (2022, July 26). 5 Characteristics Of High-Trust Teams. Forbes. https://www.forbes.com/sites/tonygambill/2022/07/26/5-characteristics-of-high-trust-teams/?sh=757738875e69