Dunia bisnis telah mempelajari ratusan kisah sukses dan kegagalan inovasi. Satu pola yang jelas: Inovasi terbaik memperkuat tujuan perusahaan dan menciptakan nilai bersama untuk semua pihak yang terlibat, termasuk pelanggan, karyawan, pemasok, komunitas, dan investor (Rigby et al., 2023). Di sisi lain, inovasi yang gagal mengecewakan setidaknya satu kelompok pemangku kepentingan, menciptakan konflik yang berpotensi membahayakan seluruh perusahaan.

Sistem inovasi di perusahaan Anda mendorong tim untuk memperkaya kehidupan pelanggan, meningkatkan kesejahteraan karyawan, menciptakan nilai bagi pemasok, memecahkan masalah yang berarti bagi masyarakat, dan memberikan pertumbuhan yang menguntungkan? Atau apakah sistem tersebut hanya fokus pada keuntungan finansial tanpa mempertimbangkan nilai yang diciptakan atau dihancurkan untuk pemangku kepentingan lain?

Jika sistem inovasi Anda memberikan hasil yang mengecewakan, berikut adalah empat tips untuk meningkatkan tingkat keberhasilannya:

1. Jadikan tugas inovasi untuk memperkuat tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan menggambarkan nilai yang dijanjikan untuk diciptakan bagi para pemangku kepentingannya. Jika tujuannya cukup jelas dan bernilai nyata, ini akan menciptakan sistem pemangku kepentingan yang kohesif yang berkomitmen untuk mengejar ambisi perusahaan demi keuntungan bersama mereka.

Inovasi yang sukses memperkuat tujuan perusahaan, yang biasanya mengharuskan mereka untuk menciptakan nilai bagi banyak pemangku kepentingan. Sayangnya, terlalu banyak sistem inovasi yang melupakan tujuan akhir mereka dan mengubah metrik pemangku kepentingan tunggal menjadi tujuan strategis utama, biasanya berfokus pada kinerja keuangan dan nilai investor.

“Orang tidak bangun di pagi hari dengan penuh semangat untuk datang bekerja jika itu hanya tentang dolar,” kata Michael Jensen, salah satu pakar manajemen terkemuka. “Sekarang saya percaya jawaban atas pertanyaan itu untuk perusahaan bisnis adalah bahwa ia harus berkomitmen pada sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri, sesuatu yang lebih besar dari maksimalisasi nilai. “Sesuatu yang lebih besar” itu adalah tujuan perusahaan Anda. Inovasi harus memperkuatnya, dan proses proposal inovasi harus melampaui perkiraan keuangan untuk mewujudkannya (Bar Am et al., 2020).

2. Ubah proses proposal dan persetujuan inovasi. Curt Carlson, mantan CEO SRI International, menemukan bahwa 95% proposal inovasi berfokus pada masalah yang salah, biasanya melebih-lebihkan ide cerdik dan membesar-besarkan potensi keuangannya. Sedikit yang membahas kebutuhan pelanggan dan pemangku kepentingan lain yang belum terpenuhi atau model bisnis yang berhasil dan berkelanjutan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Untuk menciptakan manfaat timbal balik di antara pemangku kepentingan kritis, Carlson mengejar apa yang dia sebut “keseimbangan nilai”. SRI menggunakan kerangka kerja NABC (Kebutuhan, Pendekatan, Manfaat/Biaya, Persaingan) untuk mengusulkan dan mengevaluasi inovasi. NABC mengembangkan proposisi nilai untuk mengatasi kebutuhan pelanggan (baik eksternal maupun internal) dan pemangku kepentingan lainnya.

  • Kebutuhan menggambarkan kebutuhan penting yang belum terpenuhi – dimulai dengan pengguna akhir, kemudian bekerja melalui segmen pemangku kepentingan lainnya yang akan dilayani inovasi.
  • Pendekatan menjelaskan solusi dan model bisnis yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan yang ditargetkan.
  • Manfaat/Biaya menggambarkan manfaat relatif terhadap biaya inovasi dan model bisnisnya untuk menentukan nilai bersihnya bagi sistem pemangku kepentingan.
  • Persaingan menjelaskan mengapa inovasi ini akan menciptakan nilai superior bagi sistem pemangku kepentingan dibandingkan pendekatan kompetitif.

Tujuan utama dari proses proposal dan persetujuan ini adalah untuk menyelaraskan inovasi dengan tujuan dan strategi pemangku kepentingan perusahaan.

3. Gunakan pendekatan gesit untuk mengarahkan inovasi melalui sistem yang kompleks. Inovasi harus berhasil dalam sistem yang kompleks di mana banyak pemangku kepentingan berinteraksi satu sama lain dengan cara yang hampir mustahil untuk diprediksi secara tepat. Tim gesit telah menemukan bahwa eksperimen terkontrol dan menanggapi hasil yang tidak terduga bekerja lebih baik daripada bertaruh pada prediksi dan rilis besar.

Kesimpulan

Inovasi adalah proses yang berisiko, tetapi juga bisa sangat bermanfaat. Dengan mengikuti tips di atas, perusahaan dapat meningkatkan peluang keberhasilan inovasi mereka dan menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan mereka.

Referensi

Bar Am, J., Furstenthal, L., Jorge, F., & Roth, E. (2020, June 17). Innovation in a crisis: Why it is more critical than ever. Mckinsey. https://www.mckinsey.com/capabilities/strategy-and-corporate-finance/our-insights/innovation-in-a-crisis-why-it-is-more-critical-than-ever#/

Rigby, D., First, Z., & Boy, M. (2023, November 1). How Corporate Purpose Leads to Innovation. Harvard Business Review. https://hbr.org/2023/11/how-corporate-purpose-leads-to-innovation