Source : <a href=”https://www.freepik.com/free-vector/flat-customer-service-week-illustration_31149832.htm#fromView=search&page=1&position=1&uuid=25ef0adb-1e68-46a6-9a4b-1348af4b9a62″>Image by freepik</a>

Dalam konteks bisnis, “layanan” mengacu pada produk atau layanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan atau kliennya. Layanan ini dapat berupa aktivitas atau tugas yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan, permintaan, atau masalah pelanggan. Penyediaan layanan adalah salah satu aspek terpenting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, penyediaan layanan yang kompetitif dapat memberikan keuntungan bagi dunia usaha. Pelayanan usaha bisa sangat bervariasi dan bergantung pada jenis industri atau sektor usahanya. Beberapa contoh layanan dukungan bisnis antara lain dukungan teknis, layanan pelanggan, konsultasi, perbaikan, pemasangan, transportasi, pelatihan, dan lain sebagainya.

Referensi : 

https://hbr-org.translate.goog/1978/11/where-does-the-customer-fit-in-a-service-operation?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc 

https://hbr-org.translate.goog/2008/04/the-four-things-a-service-business-must-get-right?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc