Pada tanggal 13 Maret 20223, Business Management Program Binus University @Bekasi Campus mengadakan acara Industry Partnership Program BM : Strategi Pengembangan Produk, Marketing dan Menyiapkan Tabungan Untuk Masa Depan yang dihadiri oleh mahasiswa/i Binus University khususnya jurusan Business Management.

Acara ini dipandu oleh Bapak Dr. ADI TEGUH SUPRAPTO selaku Moderator dan diisi oleh narasumber dari Bank BJB, yaitu:

Bapak Novan Mukti Raharja selaku Pemimpin Grup Pemasaran dan Investasi Dana Pensiun Lembaga Keuangan Bank BJB

Acara ini diadakan untuk memberikan wawasan tentang Penanganan perlambatan ekonomi di Indonesia yang dilakukan melalui kebijakan fiskal oleh Kementerian Keuangan seperti bantuan langsung tunai, subsidi, PPN ditanggung pemerintah, dan lain-lain. Kebijakan ini akan meningkatkan daya beli masyarakat dan juga menyebabkan tingkat suku bunga meningkat. Sementara itu, kebijakan moneter oleh Bank Indonesia berupa penurunan BI rate, stabilitasi rupiah, ketersediaan likuiditas, dan mitigasi risiko di sektor keuangan, yang akan meningkatkan uang yang beredar di masyarakat dan menyebabkan tingkat suku bunga rendah serta pendapatan masyarakat meningkat. Namun, ketika pandemi Covid-19 mulai menurun, inflasi pun terjadi karena permintaan jasa meningkat, rantai pasok global, biaya produksi meningkat, dan uang beredar di masyarakat meningkat. Inflasi akan menurunkan daya beli uang dan tingkat pendapatan riil yang diperoleh investor dari investasinya.

Terkait krisis di Eropa, kita tidak perlu khawatir karena tatanan ekonomi kita berbeda dengan Eropa dan negara lainnya. Mereka mengalami masalah tingginya harga energi karena tidak memiliki sumber daya energi, sedangkan Indonesia memiliki sumber daya energi dan pemerintah mengatur harga dan pasokannya.

Untuk melihat potensi bisnis di sekitar kita, perlu melihat sekeliling kita apakah ada yang viral atau baru, kenapa bisa diminati, bagaimana cara kerjanya, dijual dimana saja, bisnis ini musiman atau bisa bertahan lama, seberapa besar bisa tumbuh, dan analisis menyeluruh seperti laporan keuangan, laba, dan arus kasnya.

Selain sesi penyampaian materi, terdapat juga sesi Q&A untuk memebrerikan kesempatan bagi peserta untuk menanmbah wawasan mereka.