Bantu Karyawan yang Menggemari Pick Up the Pace

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Laju kerja di mana-mana meningkat. Kita semua diharapkan untuk berbuat lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Jadi apa yang harus Anda lakukan jika seseorang di tim Anda membutuhkan waktu terlalu lama untuk menyelesaikan pekerjaan mereka? Mulailah dengan mencari sumber kelesuannya. Karyawan Anda mungkin sedang berjuang dengan sebuah tugas baru, atau mencurahkan terlalu banyak waktu untuk proyek tertentu karena mereka perfeksionis. Jangan membuat asumsi. Bahkan jika Anda memiliki gagasan tentang akar penyebabnya, tanyakan langsung pada orang tersebut. Jika Anda mendekati percakapan dengan rasa ingin tahu, Anda akan lebih baik diposisikan untuk melakukan brainstorming dengan solusi yang efektif dan efektif. Beri mereka petunjuk di mana Anda ingin mereka menekankan waktu mereka, dan berapa lama sesuatu harus dilakukan. Seseorang yang perfeksionis akan mendapatkan keuntungan dari tenggat waktu yang jelas. Jika situasinya membaik, pastikan untuk mengenali kinerja mereka yang membaik.

 
Diadaptasi dari
 “How to Get an Employee to Work Faster,” by Carolyn O’Hara 

 

Sumber: O’Hara, C. (2017). How to Get an Employee to Work Faster. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2017/01/how-to-get-an-employee-to-work-faster?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16971585&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1000756171&spReportId=MTAwMDc1NjE3MQS2. Retrieved on April 11, 2017.

 

Nugroho J. Setiadi
  1. sebagai seorang manager, harus memperhatikan karyawannya, dan bagaimana karyawan anda menyelesaikan tugas mereka, sesuai artikel di atas, saya setuju, manager harus tahu dan menanyakan apa aja penghambat mereka dalam mengerjakan tugas, dan berikan solusi yang efektif pada karyawan anda.

  2. Lambat dalam pekerjaan pasti pernah terjadi saat kita baru saja di hire menjadi karyawan baru. Kita butuh penyesuaian terlebih dahulu tidak bisa langsung terbiasa dengan lingkungannya yang ada. Tetapi, penyesuaian tidaklah berlangsung lama. Jika ada karyawan yang lambat dalam pekerjaan, maka karyawan tersebut butuh pelatihan tambahan atau tegur dahulu.

  3. seperti fungsi manajemen directing/ pengarahan meningkatkan efektifitas dan efesiensi kinerja yang optimal dan menciptakan suasana lingkungan kerja yang dinamis dan sehat sebagai seorang manajer harus mampu merasakan dan memikirkan apa yang sedang dialami oleh seorang karyawan yang mana membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaannya. dan seorang pemimpin harus bisa memberikan motivasi kepada pekerja supaya bisa bekerja dengan efektif dan efisiensi dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.

  4. Kita tidak boleh langsung berasumsi tanpa memiliki kebenaran dari orang tersebut. Mungkin saja yang kita pikirkan bisa salah, dan akan lebih baik untuk bertanyan langsung pada karyawan tersebut mengapa mereka lama menyelesaikan tugasnya. Kita sebagai pekerja pasti diberikan tanggat waktu untuk mengerjakan suatu proyek, sebagai seorang manajer kita harus memotivasi dan menyelesaikan permasalahan tanpa berasumsi sepihak jadi tidak terjadi salah tanggap.

  5. Jika seseorang dala tim kita sedang menghadapi kesulitan atau masalah tertentu, kita sebaiknya tanyakan kepada dia apa yang menjadi masalahnya dan mengapa hal itu dapat terjadi. Hal ini dilakukan agar seseorang tersebut dapat menuangkan dan mengungkapkan apa yang menjadi masalahnya sehingga membuat dia menjadi down atau lesu atau sebagainya. Kemudian setelah ia menjelaskan titik masalah yang ia hadapi segeralah kita mencoba membantunya dan mencarikan solusinya agar dia tidak merasa down atau lesu dalam menjalankan pekerjaannya dalam tim.

  6. Selain melihat hasil yang dihasilkan pada karyawan, harus juga melhat dari proses yang ia lakukan apabila memang bagus tetapi maenjadi masalah berarti harus dilakukannya obrolan dengan karyawan tersebut atau mungkin dipindahkan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan seperti perfeksionis dalam diri karyawan tersebut tetapi semua itu harus melalui pembicaraan karyawan tersebut

  7. menurut saya,kita harus memperhatikan karyawan setiap hari,karena jika kita memperhatikan kita akan tahu apa yang dia butuhkan atau dia keluhkan,dan sebagai seorang manager kita harus memberikan benefits yang cukup dan memberi apresiasi kepada karyawan yang bekerja dengan baik,sehingga mereka lebih bersemangat dan merasa diperhatikan oleh atasan .

  8. Memang kita membutuhkan kinerja yang bagus dari karyawan agar pekerjaan lain tidak terhambat dan cepat mencapai target . Tetapi ,kita juga tidak boleh terlalu menekan karyawan karna akan berdampak buruk bagi mental mereka . Kita harus memberi mereka waktu untuk beristirahat jika sudah terlalu banyak pekerjaan yang diberikan atau berikan reward untuk kerja keras mereka . Bantu mereka dengan memberi tempo waktu dalam menyelesaikan pekerjaan mereka dan ingatkan mereka akan pekerjaan mereka . Buatlah goals bersama dengan karyawan .

  9. Jika kita memiliki karyawan yang memiiki kinerja lamban ada baiknya kita memberikan training lebih agar dapat menjadi lebih baik. Mungkin kita juga perlu memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan lagi. jangan kita intimidasi. berikan reward supaya dia dapat memperbaiki performanya

  10. Mungkin jika suatu ketika saya memiliki anggota yang bekerja lambat, maka yang saya lakukan adalah: 1) menanyakan mengapa ia bisa bekerja lambat; 2) membantu dan memecahkan masalah yang membuat ia bekerja lambat; 3) sebisa mungkin memberikan masukan dan memberikan peringatan jika ia suatu ketika bekerja lambat lagi dan mengurusi hal yang tidak penting (mencurahkan terlalu banyak waktu untuk proyek dan hal-hal yang tidak hubungannya dengan pekerjaan).

  11. pada dasarnya, dalam pekerjaan sebuah tim butuh komunikasi yang sangat baik dari atasan maupun karyawan nya sendiri. maka dari itu janganlah terlalu cepat berasumsi dalam menghadapi sebuah kehambatan yang terjadi di lingkungan kerja.

  12. Komunikasi melalui beberapa pendekatan seperti percakapan dan brainstorming dapat digunakan untuk memperbaiki sistem kerja anggota tim yang dirasa kurang efektif dan efisien. Dengan adanya komunikasi yang baik, sistem kerja akan berjalan secara cepat dan hubungan antara ketua dan anggota pun tetap terjalin baik.

  13. Menurut saya sebagai manager yang efektif dibalik mem-push karyawan untuk bekerja secara cepat, manager harus dapat juga memberikan fasilitas-fasilitas untuk karyawan bekerja secara eifisen. fasilitas itu bisa berupa benda fisik ataupun dorongan moral untuk karyawan yang lamban dalam mengerjakan tugas. perlunya komunikasi 2 arah yang baik untuk menjamin tercapainya efisiensi itu sendiri

  14. Dalam tuntutan sebuah pekerjaan memang ada waktu yang singkat untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Jika dari antara tim kita itu sendiri mempunyai kinerja yang kurang lincah maka kita harus mengetahui mengapa dia kurang efisien dalam menjalankan tugasnya. Perbincangan yang ringan dengan orang tersebut mungkin bisa mengatasi masalah ini dikarenakan kita bisa berbincang dengan baik dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan tepat tanpa merugikan beberapa pikah. Kita juga harus mengingatkan target atau jenjang waktu dalam menyelesaikan tugas sehingga tugas itu dapat terselesaikan sesuai dengan rencana sehingga hasilnya memuaskan.

  15. Sekali lagi, komunikasi adalah hal penting yang berperan dalam hubungan atasan dengan bawahan. Hendaknya, kita jangan langsung berasumsi tanpa mengetahui kebenaran yang sesungguhnya. Mungkin, apa yang kita anggap benar di mata orang lain hal tersebut salah. Jadi, lebih baik jika kita bertanya langsung padaorang yang bersangkutan hal apa yang menyebabkan mereka menjadi lamban dalam menyelesaikan tugas mereka. Sebagai seorang manager, kita harus memotivasi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi karyawan tanpa berasumsi sepihak agar tidak terjadi miskomunikasi dengan karyawan.

  16. Sebagai seorang manajer hendaknya kita bijak dalam mendengar dan simak agar tidak terjadi miskomunikasi yang dapat berpotensi menimbulkan kesalahpahaman, selain itu kita juga jangan hanya mendengar secara sepihak namun harus netral.

  17. Ketika seorang karyawan terlihat sedang menghadapi masalah yang membuat kecepatan dalam bekerja menjadi berkurang, hendaknya sebagai manager, kita harus lebih memotivasi dan mencari jalan keluar terbaik sehingga karyawan dapat kembali produktif dalam bekerja. Maka dari itu, manager juga hendaknya dapat berkomunikasi dengan baik dengan karyawannya sehingga tidak terjadi miskomunikasi dan dapat bersama-sama mencari solusi yang terbaik.

  18. Sering kali kita melakukan asumsi disaat rekan kerja di tim kita terlambat menyelesaikan tugas yang sudah diberikan kepada dia, seakan - akan dia tidak mengerjakan pekerjaan yang sudah diberikan padahal bisa saja dia memiliki pekerjaan lain yang lebih penting walaupun tugas yang kita berikan sudah melewati batas waktu. Oleh karena itu disini dibutuhkan komunikasi yang baik antar rekan kerja untuk mengetahui kendala apa yang sedang dialami rekan kita dan kemudian kita bisa menyelesaikannya secara bersama - sama.

  19. Cara yang dituliskan penulis pada artikel di atas dapat dinilai sebagai cara yang tepat. Hal ini tentu karena komunikasi adalah kunci untuk kelancaran pekerjaan. Dan juga constant evaluating and reminding dapat membantu proses pekerjaan untuk tetap berda pada jalur yang telah ditentukan di awal pekerjaan dimulai. Tidak mudah berasumsi akan segala kondisi pun dapat memberikan efek positif untuk selalu objektif akan setiap hal yang ada.

  20. Saya setuju dengan cara yang diberikan untuk menanggapi dan menghadapi orang yang dikondisikan oleh artikel di atas. Dalam setiap permasalahan/ kendala pasti terdapat sumber permasalahannya yang dimana harus kita temukan dan kita atasi dengan cara yang benar dan tepat. sehingga tidak hanya melakukan semaunya seperti yang kita mau, tetapi juga memperhatikan kondisi, situasi, keadaan orang lain atau partner atau bawahan kita. karna kita mengelola, berhubungan, berkerja sama dengan orang yang memiliki sisi yang berbeda, cara pandang yang berbeda dengan cara kecepatan dalam menghadapi masalah. sehingga dapat memahami, mengevaluasi, mengkontrol, meningkatkan kinerja yang telah distandarkan

  21. Pemimpin harus mengamati karyawannya untuk mengetahui kondisi mereka. Setiap karyawan memiliki kondisi yang berbeda-beda dan pemimpin harus dapat mengetahuinya. Dengan pemimpin mengetahui kondisi mereka, karyawan akan bekerja dengan optimal.

  22. Saya setuju dengan solusi yang diberikan oleh artikel ini. Menurut saya juga orang yang perfeksionis akan membawa dampak positif kepada perusahaan. Sepertu mengerjakan tugas akan lebih teliti. Maka kita tidak boleh langsung berasumsi. Dengan diberikan batas waktu orang tersebut akan lebih mampu mengatur waktu pengerjaannya dengan baik.

  23. dalam pekerjaan memang harus sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan. kelemahan dalam perusahaan adalah salah satunya memiliki karyawan yang tidak dapat mengerjakan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang sudah di tentukan. seperti yang sudah disebutkan dalam artikel ini, seorang manager harus memperhatikan bagaimana kinerja karyawannya, bukan hanya itu, tetapi manager juga harus tau diposisi mana karyawannya bekerja, karena posisi juga mempengaruhi kinerja karyawan. sebagai manager juga lebih baik membicarakannya terlebih dahulu tentang kinerja para karyawannya, agar dapat menemukan solusi yang tepat dalam mengatasi tenggat waktu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

  24. Tentu sebagai seorang manager, kita harus mampu mengenali cara karyawan kita bekerja. Dan sebagai mana karyawan kita bekerja diwaktu produktifnya. Sehingga saat dia ada kelesuan atau membutuhkan bantuan tentu akan sangat terlihat dan dengan cepat kita dapat merespon dengan baik

  25. sebagai manager memang sudah berkewajiban untuk memperhatikan karyawannya. Kita harus memantau dan mengerti atau menggali apa yang dibutuhkan oleh karyawan serta apa yang menghambat pekerjaannya. Sebagai manager hendaknya membantu karyawan dan memotivasi demi meningkatkan kinerja untuk mencapai goals bersama

  26. Komunikasi melalui beberapa pendekatan seperti percakapan dan brainstorming dapat digunakan untuk memperbaiki sistem kerja anggota tim yang dirasa kurang efektif dan efisien. Dengan adanya komunikasi yang baik, sistem kerja akan berjalan secara cepat dan hubungan antara ketua dan anggota pun tetap terjalin baik.

  27. Menurut saya, dengan mengerjakan beberapa tugas bersamaan, maka fokus kita akan terbagi - bagi. Hal ini berpotensi menimbulkan kesalahan akibat ketidaktelitian dalam melaksanakan salah satu pekerjaan tersebut. Dampaknya, waktu bekerja justru akan bertambah karena harus menemukan letak kesalahan dan memperbaikinya. Oleh karena itu, melakukan tugas tunggal jauh lebih produktif ketimbang mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan.

  28. Untuk menciptakan konsistensi waktu pasti tiap orang memiliki caranya sendiri, seperti berkerjasama dalam tim, di pacu dengan paksaan, dan lain sebagainya. Tinggal tugas kita dengan membuat sadar mereka agar menggemari pick up the pace

  29. Menurut saya selain mencari dimana titik yang membuat kinerja karyawan menurun kita juga harus membantu untuk memudahkan tugas yang diberikan agar karyawan tersebut dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaannya.

  30. jika di tim saya ada yang kesulitan dalam hal pekerjaannya, maka saya akan membantu semampu saya untuk meringankan beban dia juga memberika semangat agar dia bisa menyelesaikan pekerjaannya itu

  31. bila anda dan karyawan anda mendapatkan tugas yang sulit, usahakanlah kerjakan semaksimal mungkin dan seminimal mungkin waktu yang adna gunakan, karena menurut saya semakin dkit waktu yg digukan akan semakin cepat anda menyelesaikan tugas dan bisa menyelesaikan masalah baru. tapi bukan berarti menyelesaikan dgn waktu singkat dengan cara asal"an, melaikan dengan cara yang efektif dan efisien

  32. saya setuju dengan artikel ini kita bisa Mulai dengan mencari sumber kelesuannya dan langsung bertanya kepada karyawan tersebut agar kita bisa membantu permasalahannya atau kita bisa memabntunya karena pekerjaan yang menurut dia berat untuk dilakukan

  33. sebagai seorang pemimpin, kita selalu ingin karyawan kita bekerja dengan efektif dan efisien, namun jika slah satu karyawan kita membutuhkan waktu yang lebih lama daripada yang biasanya, kita harus memalkuminya karena karyawan juga memerlukan waktu untuk rileks dari semua pekerjaan yg diberikan, jika kondisi karyawan tidak juga membaik setelah beberapa waktu, berdialoglah dengan karyawan secara baik-baik mengenai masalah yang dihadapinya dan bantu karyawan tsb menyelesaikan masalahnya

  34. menurut saya sebagai pemimpin yang menberikan tugas nya harus memberikan deadline yang sesuai dengan proyek nya jangan memaksakan kemampuan di luar seorang karyawan karena akan percuma saja pekerjaan selesai tetapi hasil tidak maksimal

  35. Untuk dapat menyelesaikan suatu tugas tentunya ditentukan oleh waktu. Ada baiknya kita dapat saling membantu rekan jika ada kesulitan. Karena tidaklah mungkin suatu tugas yang berat dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Disinilah peran kita untuk membantu agar cepat selesai. Jangan menitikberatkan pada satu orang. Tetapi galihlah inisiatif kita untuk berperan aktif & menolong rekan.

  36. Apabila seorang karyawan mendapatkan tugas dari manajer pastinya karyawan tersebut akan mengerjakan tugas tersebut hingga sempurna tetapi sebagai manajer kita harus tau berapa waktu yang dibutuhkan karyawan tersebut agar dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan sempurna,Jangan asal memberikan deadline kepada karyawan kalo perlu tanyakan kepada karyawan tersebut lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

  37. mengetahui terlebihi dahulu alasan mengapa pekerjaan tersebut menjadi terlambat,juga memastikan sebelum memberi tugas apakah sanggup karyawan itu mengambilnya. dan jg jangan berprasangka dahulu,lebih baik bertanya